Meskipun Sudah Direshuffle, Kinerja Anies Masih Terbaik Ketiga

0
166
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan kinerjanya masih menduduki tiga terbaik versi jajak pendapat Indo Barometer

Nusantara.news, Jakarta – Meskipun sudah tidak lagi menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kinerja Anies Baswedan masih menduduki ranking tiga terbaik setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Demikian hasil jajak pendapat Indo Barometer di 34 provinsi dalam rentang waktu 4 hingga 14 Maret 2017 yang melibatkan 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 3 persen.

Uniknya lagi pertanyaan diajukan secara terbuka sehingga responden bisa menulis sendiri jawabannya. Diduga karena pertanyaannya secara terbuka muncul jawaban nama Anies Baswedan yang sekarang masih berjuang memenangkan kursi gubernur DKI Jakarta.

Padahal Anies Baswedan sejak 27 Juli 2016 tidak lagi menjabat menteri. Posisinya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah diganti oleh Muhadjir Effendy.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari sendiri terkejut dengan masuknya nama Anies Baswedan. “Menarik, masih muncul nama Anies. Sepertinya banyak yang tidak tahu Anies sudah tidak di kabinet lagi,” jelas Qodari.

Hasil jajak pendapat itu menyebutkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang sering tampil nyentrik di urutan pertama dengan suara 26,3 persen. Alasan memilih Susi, 17,4 persen menjawab karena Susi berhasil memberantas pencurian ikan, dan 10,1 persen lainnya memilih karena kinerjanya memang bagus.

“Bu Susi ada saja caranya untuk masuk media. Terakhir dia naik mobil pick-up,” papar Qodari dalam diskusi bertajuk “Ëvaluasi Publik 2,5 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK” di Jakarta, Rabu (22/3) kemarin.

Lukman Hakim Saifuddin yang dianggap mampu menyelenggarakan ibadah haji secara lebih tertib dipilih oleh 12,3 persen responden dan menduduki posisi kedua. Posisi keempat yang tidak disebutkan persentasenya oleh Qodari diraih Anis Baswedan, baru posisi keempat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan perolehan 8,3 persen.

Di posisi kelima muncul Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang meraih 8,2 persen, diikuti Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar dengan perolehan 6,4 persen. Tapi yang mengejutkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang disebut-sebut paling berkompeten oleh sejumlah pengamat, hanya menempati posisi ke-7 dengan perolehan 4,4 persen.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menduduki posisi kedua dengan alasan mampu menambah kuota haji. Paling tidak alasan itu diungkapkan oleh 8,1 persen pemilihnya. “Ternyata menambah kuota haji jadi isu yang populer. Ada juga yang memberi alasan jemaah haji lebih tertib,” terang Qodari.

Tapi Qodari tidak menyebut berapa persen dan apa alasannya memilih Anies? Terlepas dari persoalan metodologi, sisi positifnya jangan-jangan memang Anies Baswedan masih dikehendaki oleh publik menjadi pejabat di republik ini? Entahlah.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here