Miliarder Icahn Jadi Penasihat Khusus Regulasi Trump

0
74

Nusantara.news, New York – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mulai memilih sejumlah orang untuk membantunya menjalankan pemerintahan empat tahun ke depan, salah satunya Carl Icahn (80). Trump menunjuk miliarder itu sebagai penasihat khusus untuk melakukan perombakan peraturan-peraturan yang menyulitkan.

Selama ini Icahn adalah pengkritik yang vokal regulasi pemerintah AS. Icahn yang merupakan seorang investor dan juga aktivis itu tidak akan menjadi pegawai pemerintah, tidak menerima gaji dan tidak terikat oleh aturan etika yang mengharuskan dia mendivestasi penanaman modalnya.

Icahn dilaporkan membantu Trump dalam memilih kandidat untuk mengisi kabinetnya, termasuk di Badan Perlindungan Lingkungan.

“Carl bersama saya sejak awal dan dia merupakan salah satu pengusaha hebat di dunia, itu sesuatu yang sangat saya hargai,” kata Trump dalam sebuah pernyataan di media Rabu (21/12).

“Dia bukan hanya perunding cemerlang, tapi juga seseorang yang secara fitrah mampu memprediksi masa depan, terutama yang berkaitan dengan keuangan dan ekonomi. Bantuannya untuk (mengatasi) peraturan mencekik yang dihadapi negara kita akan sangat berharga,” kata Trump sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Icahn mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Obama, pengusaha Amerika menderita kerugian lebih dari satu triliun dolar AS (sekitar Rp13,4 kuadriliun) karena peraturan baru dan lebih dari 750 miliar jam berurusan dengan dokumen.

“Ini saatnya membebaskan diri dari peraturan yang berlebihan dan membiarkan pengusaha kita melakukan apa yang menjadi keahlian mereka: membuka lapangan pekerjaan dan mendukung masyarakat,” kata Icahn.

Sama seperti koleganya, Trump, Icahn berasal dari New York. Dia memulai karier di Wall Street pada tahun 1961 dan selama bertahun-tahun memegang posisi penting di berbagai perusahaan Amerika seperti RJR Nabisco, Texaco, Philips Petroleum, Western Union, Gulf & Western, Viacom, Revlon, Time Warner, Motorola, Chesapeake Energy, Dell, Netflix, Apple dan eBay. (imt/berbagai sumber)

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here