Nasdem Jember: Masyarakat Harus Sabar Memantau Kebijakan Bupati

0
119

Nusantara.news, Jember – Kinerja Bupati Faida yang dirasa tidak memuaskan oleh beberapa kalangan ditanggapi secara bijak oleh anggota DPRD Jember dari Fraksi Nasional Demokrat, David Handoko Seto. Menurutnya, pemerintahan satu tahun bupati dan wabup belum bisa dijadikan sebagai acuan untuk menilai keberhasilan maupun kegagalannya.

 “Fondasi secara filosofis tidak pernah tampak dalam sebuah bangunan dan tidak pernah ditampakkan. Fondasi yang kokoh itu sengaja dibangun Bu Faida dan Kiai Muqit melalui cara kerja yang hari ini dinilai masyarakat masih banyak kekurangan,” kata David menanggapi kritik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Jember, Sabtu pekan lalu (25/2/2017).

David mengungkapkan, dalam proses menciptakan pondasi pembangunan harus ada beberapa langkah yang dilaksanakan oleh pemangku kebijakan. “Pertama, menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021 dengan target capaian realistis. Walaupun, saat menyusun RPJMD terjadi dinamika luar biasa. Alhamdulillah, DPRD Jember bisa menyelesaikan melalui sinergi dengan eksekutif,” ungkapnya.

“Kedua, beliau sudah menancapkan reformasi birokrasi yang linier dengan program Presiden Jokowi, dengan prinsip 3 B (Baik Tujuannya, Betul Caranya, Benar Hukumnya). Saya juga melihat, baru di masa Bupati Faida dan Wakil Bupati Muqit, patologi birokrasi yang selama ini mengganjal program-program bupati Jember dulu tidak terjadi,” kata David.

“Ketiga, keberanian bupati berpihak kepada kepentingan wong cilik. Ada program-program populis yang ke depan akan menyejahterakan masyarakat, di antaranya warung kopi dan warung berjaringan. Tertera dalam RPJMD, akan ada seribu warung kopi dan warung berjaringan dalam waktu lima tahun ke depan,” tegas David.

Menurut David, sikap yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah memantau dengan teliti langkah apa saja yang diambil oleh bupati Faida sekarang. Jika kita lihat, sekarang ini bupati sedang mengembangkan kampung industri yang mulai didesain, pengembangan industri kreatif, dan penataan infrastruktur.

“Masyarakat harus mendukung berbagai program yang dicanangkan bupati.  Beliau adalah orang yang berani menggugah harga diri daerah dengan mencanangkan cinta produk lokal,” ujar David. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here