NasDem Lakukan Survei, Cari Bakal Calon untuk Pilgub Jatim

0
149

Nusantara.news, Surabaya – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Timur Rendra Kresna menyebut sejumlah nama yang marak diulas di berbagai media, sebagai sosok yang layak maju memimpin Jawa Timur, diantaranya Khofifah Indar Parawansa, Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini dan Hasan Aminuddin. Dikatakan, nama-nama tersebut sama-sama memiliki peluang kuat dan memiliki basis massa pendukung.

“Semua (nama-nama tersebut-red) punya peluang untuk maju di Pilgub Jatim 2018. Semua nama nanti akan disurvei (oleh Partai NasDem), kemudian diajukan untuk mendapatkan rekomendasi ke DPP NasDem,” ujar Rendra Kresna di sela acara Launching Pendaftaran Bakal Calon Legislatif di kantor DPW NasDem di Surabaya, Kamis (2/3/2017).

Ditanya siapa diantara nama-nama yang mencuat tersebut yang paling intens berkomunikasi dengan Nasdem, Rendra menjawab semuanya. Masing-masing sesuai kapasitas selalu berkomunikasi dengan partai besutan Surya Paloh ini.

“Semua terjalin dengan NasDem, Khofifah juga selalu dengan kita (NasDem-red). Sebagai Mensos kita selalu mendampinginya, sampai ke semua pelosok di Jatim,” ucap Rendra.

Saifullah Yusuf, disebutkan juga dekat dengan partai yang mengusung jargon restorasi untuk perubahan ini. Sementara, saat disinggung soal siapa yang akan diandalkan untuk maju bertarung di Pilgub Jawa Timur, Rendra tidak memerinci lebih lanjut.

Dia mengatakan, DPW NasDem Jawa Timur hanya akan mengajukan rekomendasi ke DPP NasDem. Nantinya, semua keputusan yang dihasilkan adalah kewenangan DPP NasDem. “Semua nama akan kita survei dan semua nama akan kita ajukan ke DPP. Namun semua keputusan tergantung DPP,” katanya.

Muncul pertanyaan, apakah pasangan yang akan akan diusung di Pilgub Jawa Timur merupakan sinergi antara kader internal dengan pihak luar, termasuk memasangkan Khofifah Indar Parawansah dengan Hasan Aminudin? Atau, menyandingkan Khofifah dengan Syaifullah Yusuf? Mendengar pertanyaan itu, Rendra memberikan jawaban diplomatis bahwa sejumlah nama tersebut ikut berkontribusi terhadap keberadaan NasDem, tak terkecuali Khofifah.

Rendra menambahkan, partainya juga akan menjalin komunikasi dengan partai lain, mengingat di pemilu legislatif tahun 2014 di Jawa Timur, NasDem mendapat 5 persen suara dan hanya memiliki 4 kursi di legislatif.

Untuk diketahui, dominasi kekuasaan kursi di DPRD Jawa Timur diborong oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), karena terbanyak mendulang suara dukungan dari rakyat.

Kita tunggu survei internal yang dilakukan NasDem, dan siapa saja nama yang diusulkan ke Jakarta (DPP NasDem) untuk diusung di pemilihan Gubernur Jawa Timur, 2018 mendatang. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here