Pagelaran Festival Bendebesah, Untuk Bangkitkan Kembali Seni Khas Bondowoso

0
197

Nusantara.news, Bondowoso – Daerah Bondowoso merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang dikenal memiliki beragam seni khas, mulai batik, tari, seni rupa hingga karya seni lainya. Beragam potensi seni yang dimiliki wilayah ini coba dibangkitkan kembali sekelompok pemuda yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa Bondowoso (Iwakebo). Kali ini Iwakebo memilih pagelaran Festival Bendebesah. Kegiatan ini sengaja diinisiasi Komunitas Iwakebo yang menuntut ilmu di Institut Seni Indonesia Surakarta.

Muhamad Fadlianto, ketua panitia acara menyatakan, tujuan pagelaran seni budaya ini berfungsi sebagai penggugah kembali atmosfer seni di Bondowoso yang sudah mulai redup. “Kami lihat iklim seni di Bondowoso kurang menggeliat. Jadi kami bermaksud membangkitkan kembali iklim berkesenian di sini mulai seni tari, seni rupa, dari bentuk modern, termasuk fotografi, hingga tradisional khas Bondowoso,” ungkapnya (19/2/2017).

Melalui acara tersebut Fadlianto bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Iwakebo bermaksud merubah konstruk masyarakat Bondowoso bahwa seni radisonal bukan lagi hal yang ketinggalan zaman. “Justru dari beragam potensi budaya yang dimiliki dapat digunakan sebagai alat untuk mengenalkan Bondowoso ke daerah lain,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bondowoso Harry Patriantono memberikan apresiasi terhadap acara budaya yang digelar oleh pemuda asli Bondowoso tersebut.  Menurutnya, acara tersebut menjadi ajang komunikasi dan apresiasi para pegiat budaya di Bondowoso.

“Saya Bangga atas terwujudnya acara seni ini. Di satu sisi menjadi sarana untuk pengabdian  generasi emas Bondowoso yang dikemas lewat pameran dan seni. Pada aspek lain, acara ini bisa dijadikan modal untuk membangun seni dan Budaya di Bondowoso,” tandasnya.

Pagelaran Festival Bondowoso rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Februari 2017 di Aula Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta di halaman Perpusda Bondowoso. Acara tersebut akan diikuti oleh siswa SMA/SMK serta masyarakat umum yang telah menjalani seleksi sejak enam bulan yang lalu.

“Harapan kami semua, acara ini bisa membawa kembali seniman Bondowoso yang telah lama merantau untuk kembali dan bisa memajukan daerah asalnya,” tambah Fadlianto. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here