Pariwisata Lumajang Mengalami Stagnasi

0
262

Nusantara.news, Jember – Perkembangan pariwisata di Kabupaten Lumajang dinilai beberapa kalangan mengalami stagnasi. Bahkan, beberapa destinasi yang dikelola oleh Pemkab Lumajang kalah saing dengan obyek wisata yang dikelola swasta.

Menurut Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Samsoel Huda perkembangan pariwisata di Kabupaten Lumajang masih jauh dari harapan. Pihaknya menilai sektor pariwisata di Lumajang belum mampu menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan.

Samsul membandingkan kondisi Pariwisata di Lumajang dengan Kabupaten Banyuwangi. “Coba lihat Pulau Merah Banyuwangi, sebenarnya sama saja dengan pantai yang ada di Lumajang. Bedanya disana dipromosikan dengan baik, kita dibiarkan begitu saja. Jangan tanya jumlah pengunjungnya, jauh sekali,” ungkapnya.

Banyuwangi memiliki potensi dan link untuk mengembangkan pariwisata, kata Samsul Huda. Pihaknya mengharapkan jika pemerintah Lumajang agar mengembangkan link kerjasama dengan pihak lain sehingga dapat meniru Banyuwangi yang menjadi bagian dalam paket wisata nasional.

“Pada setiap hearing kami sudah sangat keras memperingatkan agar sektor pariwisata ini digenjot pengelolaannya. Tapi nyatanya tetap seperti ini. Padahal anggaran sudah disiapkan oleh pemerintah. Masak kalah dengan wisata yang dikelola swasta, kan lucu,” ujar Samsul Huda.

Wakil rakyat tersebut menyatakan jika langkah yang harus dilakukan untuk memulai perbaikan adalah dengan mengevaluasi mekanisme kerja Disbudparda Lumajang agar ke depan kinerjanya mengalami peningkatan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here