Pasca Ahok Rendahkan KH Maruf Amin, Kapolda Jatim Bertemu Ulama Madura

0
485

Nusantara.news, Surabaya – Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin bersilaturahim dengan ulama dari empat kabupaten di Pulau Madura, di Gedung Tribrata Markas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur di Surabaya Jumat (3/2/2017).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera mengatakan, pertemuan antara Kapolda Machfud dengan ulama se-Madura hanya dalam rangka silaturahmi dan memantapkan kondusivitas Kamtibmas di Jatim.

Setelah Madura, ulama kabupaten lain di Jatim juga akan diundang beberapa hari berikutnya. Barung Mangera  membantah pertemuan dilakukan untuk menyikapi situasi panas, imbas situasi politik Pilkada DKI Jakarta.

Pasca pengadilan penodaan agama dengan terdakwa basuki Tjahaya Purnama, situasi politik yang gaduh sejak pernyataan Ahjok di Kepulauan Seribu, berkembang tambah gaduh. Hal itu terjadi menyusul pernyataan Ahok dan tim pengacara saat mencecar Ketua MUI KH Maruf Amin yang hadir sebagai saksi ahli dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/2017).

Ancaman Ahok yang akan memperkarakan KH Maruf Amin terkait komunikasi per telepon dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ditambah cecaran tim pengacara membuat nahdliyin bereaksi keras.

Tidak kurang Gus Solah (Adik Gus Dur) yang dikenal sangat santun bertutur kata, mengeluarkan pernyataan keras, dengan mengatakamn Ahok tidak beretika dan tidak tahu batas. Elemen NU seperti Ansor dan Banser di Jatim juga bereaksi keras dan siaga satu komando.

Sampai berita ini diturunkan, belum diperoleh keterangan hasil pertemuan kapolda dengan ulama.

Berdasarkan informasi yang diterima wartawan, dalam forum Kapolda – Ulama, juga dibicarakan soial kebhinekaan. Selain Kapolda, pejabat utama Polda Jatim, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kota Besar Surabaya, Kepala Polres Tanjung Perak, Sidoarjo, Gresik, dan Kepala Polres Koordinator Wilayah Madura hadir mendampingi Kapolda Machfud. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here