Patung Raksasa Fir’aun Berusia 3.000 Tahun Ditemukan

0
278

Nusantara.news, Jakarta – Arkeolog Mesir dan Jerman menemukan dua patung Fir’aun setinggi 8 meter (36 kaki) yang terbenam dalam lumpur, pada Kamis (9/3) lalu. Diprediksi, patung raksasa itu berasal dari zaman Fir’aun Ramses II yang memerintah Mesir lebih dari 3.000 tahun lalu.

Peninggalan bersejarah itu ditemukan di Distrik Mattarya, situs yang menjadi ibu kota Heliopolis, Fir’aun kuno, yang saat ini telah berubah menjadi disrik pekerja kelas menengah di Kairo timur.

Patung seberat 3 ton dengan tinggi 195 cm dan lebar 160 cm dan terbuat dari granit merah, tanpa sengaja ditemukan saat penggalian di pinggiran Kairo, ibu kota Mesir, di gurun antara blok apartemen tua, diperkirakan mewakili Fir’aun dari dinasti ke-19. Patung itu menggambarkan Fir’aun Ramses II sedang berdiri di antara Dewi Hathor dan Dewa Petah. Di belakang patung itu terukir tulisan Hierogliph.

Kondisi puing diduga patung Fir’aun Ramses II di daerah Matariya di Kairo, Mesir

Dietrich Raue, ketua tim peneliti dari Jerman mengatakan, Mesir kuno percaya Heliopolis adalah tempat dewa matahari hidup, artinya tempat di luar kerajaan. “Dewa matahari menciptakan dunia di Heliopolis, di Matariya. Itulah yang selalu saya sampaikan kepada orang-orang di sini ketika mereka bertanya hal penting. Menurut kepercayaan Fir’aun, dunia semula diciptakan di Matariya. Itu berarti semuanya harus dibangun di sini; patung, kuil, obelisk, semuanya. Namun, raja tidak pernah tinggal di Matariya karena itu Dewa Matahari tinggal di sini,” katanya.

Seperti diberitakan The Guardian, penemuan itu dinyatakan Kementerian Benda Purbakala Mesir sebagai penemuan paling penting sepanjang masa. Saat ini, bagian dari batang tubuh patung itu diangkat keluar dari tanah berlumpur menggunakan crane, Senin (13/3) waktu setempat.

Beberapa potongan yang sudah ditemukan adalah bagian kepala, dada, mata kanan, dan telinga kiri. Menurut Dr. Aymen Ashmawy, perwakilan dari Kementerian Barang Antik Mesir, penemuan ini jelas sangat penting karena mengonfirmasi ukuran dari Kuil Matahari milik Fi’aun Ramses II. Ukuran kuil itu tentu merupakan penggambaran dari kekuatan dan kekuasaan sang Fir’aun sendiri. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here