PDIP Malang Mulai Tes Balon Walikota

0
149
Panitia Penjaringan Bakal Calon Walikota DPC PDIP Kota Malang (Sumber Fokus Malang)

Nusantara.news, Kota Malang – Begitu KPU membuka tahapan Pilkada Kota Malang 2018, PDIP Kota Malang langsung menyambutnya dengan lakukan penjaringan bakal calon walikota. Nama-nama yang sebelumnya sudah mendaftar secara terbuka, langsung diproses, seperti Sutiaji yang merupakan Wakil Walikota dan kini mendaftarkan maju melalu PDIP, dan beberapa tokoh lainnya.

Bakal calon kepala daerah yang mendaftar melalui PDIP mulai mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPP PDIP, kecuali Arief Wicaksono, Ketua DPRD Kota Malang yang kini mengundurkan diri karena terlibat korupsi APBD Perubahan Kota Malang TA 2015.

Ketua Tim Penjaringan Bacalon Kepala Daerah DPC PDIP Kota Malang, I Made Ryan mengungkapkan, proses penjaringan bacalon di DPP PDIP sangat penting, karena akan diketahui  kemampuan  paca calon. Proses itu sendiri masih berlangsung. “Hari ini juga ada fit and proper test, juga psikotes dan wawancara di DPP,” terangnya kepada wartawan Kamis, (14/9/2017).

Pihaknya menerangkan bahwa ada enam orang yang mendaftar dan mengikuti proses penjaringan Bacalon Walikota Malang di DPP PDIP. Keenam orang itu adalah Sutiaji (Wakil Wali Kota Malang), Deddy Wahjudi (dosen ITB), Gandung Rafiul NH (peneliti), Wahyu Eko Setiawan (warga pegiat budaya).

Sedangkan, sisanya yakni I Wayan Sutama (pensiunan PNS), dan Daniel Sitepu (pengacara) mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Walikota Malang periode 2018.

Arief Wicaksono, Ketua DPRD Kota Malang yang telah mengundurkan diri, tidak mengikuti kegiatan tersebut, karena sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus korupsi APBD-P TA 2015 Kota Malang.

Arief tidak mengikuti fit and proper test sejak di DPD PDIP Jatim pekan lalu. “Sangat disayangkan salah satu kader potensial PODIP batal maju dalam Pilkada Kota Malang 2018. Namun hal tersebut tak menghentikan PDIP untuk terus berusaha dan memunculkan sosok baru berkualitas yang akan dipersiapkan untuk turun dalam gelanggang Pilkada Kota Malang 2018 melalu penjaringan yang dilakukan hingga ke DPP PDIP.

Nantinya hasil-hasil test akan dikalkulasikan yang kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk keluarnya rekomendari DPP PDIP siapa yang akan turun untuk berkontestasi dalam Pilkada Kota Malang 2018. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here