Pelayanan Belum Maksimal, Petahana Kota Malang Genjot Tingkat Pelayanan Publik

0
42
Apel ASN Kota Malang (Foto: Humas Kota Malang)

Nusantara.news, Kota Malang – Pelayanan publik di Kota Malang yang belum maksimal perlu ditingkatkan. Terutama pelayanan publik dasar yakni pendidikan, kesehatan dan pencatatan sipil. Pasalnya, Ombudsman Republik Indonesia memberi penilaian ‘sedang’ atau ‘Zona Kuning’terhadap pelayanan publik di Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Penilaian tersebut dihitung berdasarkan nilai kepatuhan pemerintah (pusat dan daerah) terhadap standar pelayanan publik seperti diatur di UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Penilaian yang diberikan Ombudsman ini merupakan penilaian Tahun 2017.

Aktivis Kalimetro, Yogo Fachri menjelaskan memang belum sepenuhnya pelayanan publik Kota Malang berjalan maksimal. “Mulai dari pelayanan publik dasar perlu disorot, terkait pendidikan pemerataan, kesehatan, ataupun pencatatan sipil. Lihat terkait penanganan daerah tentang pelayanan KTP, memang dari pusat namun harusnya pemerintah daerah memiliki langkah tersendiri,” jelasnya kepada Nusantara.news, Jum’at (9/2/2017).

Selain itu, Ia mencontohkan beberapa pelayanan publik yang belum maksimal. “Bisa dilihat sarana prasarana dan fasilitas umum seperti trotoar, macet polemik transportasi itu juga masih ada beberapa masalah, ini yang perlu disorot dan ditingkatkan untuk perbaikan pelayanan publik,” tegas Alumni Universitas Brawijaya tersebut.

Oleh karena itu, Walikota Malang M Anton pada saat melakukan apel pagi gabungan pada karyawan/karyawati Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, dan Satpol PP Kota Malang yang tergabung di Lingkungan kantor Jalan Bingkil Malang, menekankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada.

Abah Anton itu menekankan untuk menguatkan stabilisasi pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Mengigat dalam waktu dekat, akan dihelat Pilkada Kota Malang, sehingga Abah Anton mengingatkan agar menjaga stabilisasi layanan publik termasuk menjaga netralitas ASN.

Ia berpesan kepada jajaran karyawan/karyawati Pemkot Malang untuk tetap maksimal menjalankan tugas sehingga layanan publik bisa tetap maksimal. “Untuk itu, saya berharap sekali untuk terus kita tingkatkan pelayanan itu dan fungsi-fungsi yang ada di masing-masing bidang,” harap Abah.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here