Pelayanan BPJS di Jatim Menuai Banyak Komplain

0
68

Nusantara.news, Surabaya – Meski sudah diluncurkan tiga tahun silam, tepatnya 2014, namun pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional yang disalurkan melalui BPJS belum maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya komplain terkait pelayanan di beberapa rumah sakit milik Pemerintah.

“Bayangkan di Rumah Sakit Pemerintah di perkotaan, banyak sekali komplain yang dilayangkan masyarakat terkait pelayanan BPJS. Mulai soal tenaga verifikasi yang ada di Rumah Sakit hingga pada penyediaan obat untuk pasien BPJS,” keluh Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Benyamin Kristanto kepada wartawan di Surabaya, Kamis (23/2/2017)

Akibatnya, banyak pasien yang dipaksa pulang khususnya, mereka yang akan berobat pada malam hari. Alasannya cukup klasik, bahwa tidak ada tenaga atau pegawai BPJS yang melayani atau melakukan verifikasi apakah pasien tersebut ikut BPJS atau tidak. “Ini kan sudah nggak bener, dan jangan salahkan dewan kalau menyoroti soal pelayanan BPJS,” ungkapnya.

Politisi asal fraksi Gerindra ini tidak membayangkan jika hal itu terjadi di wilayah pedesaan atau pelosok. Padahal masyarakat yang akan ke Rumah Sakit menempuh jarak puluhan kilometer termasuk kondisi jalannya yang tidak mulus, tentunya akan menyulitkan masyarakat.

“Karenanya saya minta BPJS menyelesaikan permasalahan ini dulu, sebelum menyentuh pada pokok persoalan yang lain. Walaupun saya mengetahui alasan BPJS yang mewajibkan seluruh keluarga untuk mendaftarkan putra-putrinya sebagai Peserta BPJS. Hal ini sebagai upaya untuk menutupi tunggakan BPJS kebeberapa Rumah Sakit Pemerintah,” paparnya dengan nada tinggi.

Menurut, Alumnus Kedokteran UI Jakarta ini jika di Jawa Timur sendiri baru RSUD dr. Soetomo yang dijaga oleh Tim verifikasi dari BPJS selama 24 jam. Untuk itu, diharapkan JKN menerapkan pegawai BPJS 24 jam seperti halnya di RSUD dr Soetomo. “Dengan begitu tidak ada lagi penolakan terhadap pasien BPJS yang akan berobat pada malam hari,” pungkasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here