Pelayanan Desa Nogosari Mandeg, Warga Datangi Bapemas Kabupaten Jember

0
92

Nusantara.news, Jember – Pada hari Jum’at  (17/2/2017) sebanyak lima orang perwakilan Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten  Jember mendatangi kantor Bapemas Kabupaten Jember. Mereka melaporkan ke kantor Bapemas tentang pelayanan kantor desa yang mandeg lantaran kosongnya jabatan kepala desa.

Bambang Sugito selaku perwakilan warga menyatakan jika sudah dua bulan ini desanya tidak memiliki kepala desa definitif. Kondisi tersebut muncul setelah plt kepala desa memasuki masa pensiun pada bulan Desember tahun lalu.

“Sudah dua bulan desa kita tidak mempunyai Kepala Desa. Kami tidak bisa mengurus keperluan seperti membuat surat keterangan, bahkan kejahatan di desa semakin meningkat,” ujar Bambang. Tanpa adanya kepala desa, birokrasi tidak dapat berjalan dan berdampak pada stabilitas keamanan desa.

Menurut keterangan perwakilan warga Wardi,  memburuknya kondisi desa karena tidak adanya kepala desa pernah diadukan kepada pemerintah Kecamatan Rambipuji. “Pernah saya adukan masalah ini kepada Pak Camat. Tapi karena tidak ada kejelasan, makanya saya ke sini,” ungkapnya .

Di sisi lain, Kepala Bapemas Kabupaten Jember Mama Suparma menjelaskan kondisi kekosongan posisi kepala desa menjadi hal yang langka dan baru pertama kali diketahui. “Hingga saat ini masih kita cari regulasi tentang ini, karena permasalahan ini baru dan langka,” ungkapnya.

Untuk menyelesaikan persoalan yang ada, Bapemas akan melaporkan permasalahan ini kepada Bupati Jember. Sampai saat ini pengaduan tersebut masih dipelajari oleh Pemkab Jember. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here