Pemerintah Akan Bangun 5.000 Pasar Tradisional

0
192
?????????????

Nusantara.news, Jember – Untuk mengembangkan perekonomian domestik, pemerintah berencana akan membangun dan merevitalisasi 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia dalam jangka waktu lima tahun. Rencana tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita  dalam kunjungan kerja di Jember, Kamis (16/3/2017). “Pertahun pemerintah akan menargetkan pembangunan seribu tradisional,” ujar Enggartiasto.

Enggartiasto mengatakan, pembangunan pasar tersebut menjadi prioritas karena menjadi bagian penting dari perputaran perekonomian masyarakat kecil dan telah menjadi budaya transaksi masyarakat sejak lama. Saat ini pemerintah telah merealisasikan pembangunan 2.000 pasar. “Di tahun 2018 nanti kami harus mencapai 4.000 pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional. Untuk itu sepanjang 2017 ini kami akan membangun 1.800 sampai 2.000 pasar, sesuai dengan pembicaraan saya dengan Presiden Joko Widodo,” katanya.

Alasan lain, kenapa pemerintah mengembangkan pasar tradisional adalah karena seringnya penolakan masyarakat terhadap pasar modern di berbagai tempat. Di saat yang sama  terjadi pula pasar tradisional dibiarkan dalam kondisi kumuh dan terbengkalai di berbagai wilayah.

Menteri Perdagangan menghimbau agar para pedagang kecil dibantu untuk proses berjualan di pasar tradisional. Untuk itu, dirinya berharap ada program yang mengatur tentang harga murah untuk belanja pedagang kecil, sehingga harga jual pun lebih murah dibanding pasar modern.

“Kami mengharapkan, para pengusaha mendistribusikan barang atau produknya ke pasar rakyat dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ke pasar modern sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin berbelanja,” ujarnya.

Di Jember sendiri, Menteri Perdagangan mengungkapkan, Pasar Tanjung yang menjadi  pasar induk di Jember adalah salah satu pasar yang direvitalisasi oleh pemerintah pusat. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here