Pemerintah Banyuwangi Beberkan Resep Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2018

0
227

Nusantara.news, Banyuwangi – Pada tahun 2018 Pemerintah Banyuwangi menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,57 Persen. Untuk memenuhi ekpektasi tersebut, pemerintah Banyuwangi merumuskan beberapa kiat atau resep peningkatan kinerja perekonomian. Salah satumya adalah menjaga tingkat konsumsi masyarakat dan melakukan efektifitas penggunaan anggaran belanja daerah.

Selain itu, pemerintah Banyuwangi akan terus menggeliatkan investasi daerah dan penguatan perekonomian lokal melalui upaya mendorong produk asli Banyuwangi serta menekan peredaran produk impor.

Salah satu penyebab optimisme itu adalah tren kenaikan pertumbuhan ekonomi tiap tahun yang dialami Banyuwangi. Selain itu, pencapaian pertumbuhan sebesar 6,01 persen lebih tinggi dari pencapaian rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Tinur dan nasional.

“Proyeksi itu sesungguhnya sangat berat di tengah situasi perekonomian global dan nasional saat ini yang belum kondusif. Tapi dengan dukungan semua pihak kita optimis dapat mencapainya,” Ujar Anas, Kamis (9/3/2017).

Salah satu langkah awal yang dilakukan Banyuwangi adalah melaksanakan Forum Gabungan Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja (Renja) yang merupakan agenda tahunan untuk mempersiapkan program prioritas kabupaten untuk tahun berikutnya. Forum ini menjadi wadah berbagai usulan program-program prioritas pembangunan yang dihadiri seluruh perwakilan SKPD, camat dan lurah se Kabupaten Banyuwangi.

“Prinsip performance based budgeting atau anggaran berbasis kinerja harus menjadi landasan. Usulan program dan kegiatan harus disertai output dan outcome yang jelas dan terukur untuk mencapai sasaran strategis yang telah ditetapkan,” kata Anas. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here