Pemerintah Bondowoso Berupaya Tekan Angka Pengangguran

0
76
Para pencari kerja makin meningkat.

Nusantara.news-Bondowoso – Tingginya angka pengangguran di Kabupaten Bondowoso membuat pemerintah merumuskan solusi jitu. Salah satu mekanisme yang ditempuh adalah Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Pemkab terus berupaya menciptakan lapangan kerja baru dan menarik investor ke Kabupaten Bondowoso.

“Kami terus berupaya melalui program–program yang dapat membantu para penganggur agar mendapat pekerjaan. Kami juga akan tingkatkan kerjasama dengan banyak perusahaan. Karena, hal itu yang dapat membantu mengurangi angka pengangguran di Bondowoso,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Purno Winardi, Rabu, (5/4/2017).

Salah satu penyebab pengangguran terbesar di Bondowoso adalah banyaknya usia produktif kerja belum terserap lapangan pekerjaan. Lulusan berbagai macam tingkatan sekolah mulai SMA hingga Sarjana sampai saat ini pun masih belum mendapatkan pekerjaan. Total angka pencari kerja yang mencapai 9.000 lebih, separuh di antaranya masih berusia produktif. Sementara sisanya merupakan pencari kerja dengan usia di atas 35 tahun.

“Saya menganggap perlu terjalin kerjasama dengan perusahaan dan investor dari luar Bondowoso agar bisa menanamkan modalnya untuk berinvestasi. Dengan banyaknya investor ini, diharapkan bakal bermunculan lapangan pekerjaan baru yang mampu menyerap pengangguran,” tegasnya.

Salah satu langkah taktis dan terdekat yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka pengangguran adalah dengan mengadakan berbagai rangkaian Job Fair diwilayahnya. Untuk itu, pemerintah Bondowoso akan menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar. Harapan utamanya tentu, usia produktif kerja dapat terserap menjadi tenaga kerja di perusahaan tersebut. “kami akan terus menggenjot kerjasama tersebut dan mendapat banyak perhatian dari berbagai perusahaan baik di dalam daerah ataupun di luar daerah,” tutupnya.

Dinas Tenaga Kerja Bondowoso sendiri mencatat, jumlah pengangguran terus mengalami penurunan setiap tahun. Tahun 2012 lalu angka pengangguran mencapai 11.757. sementara untuk tahun 2013 turun menjadi 11.275 pencari kerja dan Tahun 2014 turun lagi menjadi 9.466. Beberapa di antaranya memilih untuk bekerja di luar negeri dengan Negara tujuan Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Taiwan.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here