Pemerintah Kabupaten Jember Revisi RPJMD 2016-2021

0
385

Nusantara.news, Jember  Pemerintah Kabupaten Jember akan merevisi RPJMD 2016-2021. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jember Edi Budi Susilo mengatakan  revisi mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pedoman Pembentukan RPJMD, bahwa terjadi perubahan mendasar dan perubahan kebijakan nasional.

“Mengacu pada pasal 284, pelaksanaan RPJMD terjadi perubahan capaian sasaran tahunan, tapi tidak mengubah target capaian sasaran akhir jangka panjang dan menengah,” ungkap Edi Budi Susilo di Jember, Senin (6/2/2017).

Dditambahkan, perubahan RPJMD ini juga mengacu pada beberapa faktor lain seperti data dari BPS (Badan Pusat Statistik) di mana terjadi perubahan dalam aspek target pencapaian dan berubahnya beberapa metode dalam perhitungan ekonomi dan pengukuran angka pembangunan manusia seperti human development index dan perhitungan pertumbuhan ekonomi. Lebih lanjut, untuk penyesuaian target angka secara kuantitatif, Bappeda Jember sedang berkordinasi dengan BPS.

Menurut Edi Budi Susilo, perubahan hanya terjadi pada beberapa poin seperti penghapusan, penambahan, penyesuaian peraturan, sementara untuk Bab VI, VII, dan X tanpa perubahan yang berarti. “Jika prosesnya sudah selesai maka kami akan mengirimkan drafnya pada minggu pertama bulan Maret,” lanjut Edi. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here