Pemerintah Kota Malang Sambut Baik Investasi dari Cina

0
65
Penandatanganan MoU antara Pemkot Malang dengan Pemerintah-Kota Fuqing di Balai-Kota Malang.

Nusantara.news, Kota Malang –   Kota Malang mempunyai banyak potensi baik dari segi wilayah geografis yang strategis, keadaan alam dan lingkungan yang mendukung serta kondisi masyarakat yang majemuk, hal tersebut menjadi lahan basah untuk tempat berinvestasi oleh para pemilik modal.

Rombongan Pemerintah Kota Fuqing, Provinsi Fujian, Cina, Zhank Fan, datang berkunjung ke Kota Malang, dan langsung disambut dengan baik dan apik oleh Walikota Malang, M Anton. Dalam pembicaraannya di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Pemkot Malang akan  menjalin kerja sama dengan Cina

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Wasto, membeberkan, potensi dan peluang kerjasama  “Kami sampaikan beberapa potensi yang ada, karena peluang di bidang infrastruktur agak sulit untuk sebuah investasi, sifatnya dia harus mendapatkan pengembalian investasi,” jelasnya

Padahal dalam realita dan faktanya pembangunan Kota Malang, dalam APBD 2017 pemerintah justru merencanakan pembangunan proyek infrastruktur fisik besar seperti monorel dan Islamic Centre, serta pemugaran taman yang memakan anggaran terbiang cukup besar.

Dalam akhir agenda kunjungannya ada kedua belah pihak yakni, Pemerintah Kota Malang dan juga Pemerintah Kota Fuqing, Provinsi Fujian,  Cina menandatangani pakta perjanjian kerjasama kedepan dalam hal pembangunan maupun beberapa investasi.

Walikota Fuqing, Zhang Fan, mengatakan penandatanganan kerjasama ini sebagai permulaan, namun ia sedikit mengelak dalam hal akan adanya investasi, dengan akan membicarakan lebih lanjut “Tidak menutup kemungkinan bahwa investasi itu ada, tetapi butuh perencanaan lebih lanjut,” jawab Zhang ketika diwawancarai usai penandatanganan kerjasama.

Zhang menjelaskan bahwa kerjasama yang akan dilakukan dengan Kota Malang tidak lepas dari banyaknya warga keturunan Tionghoa dari Fuqing di Kota Malang. Apalagi pada Desember 2015 lalu, Walikota Malang M. Anton pernah berkunjung ke Fuqing yang juga telah meneken nota kesepahaman di Fuqing.

Sebelumnya perwakilan Pemerintah Kota Jiang Men, Provinsi Guang Dong, Cina, Wu Gang, juga sempat berkunjung ke Kota Malang guna menjajaki kerja sama pengembangan usaha serta perdagangan melalui investasi, pada Februari 2015 lalu

Walikota Malang M Anton di Malang mengaku ada tiga hal penting yang disampaikan Pemerintah Kota Jiang Men ketika berkunjung ke Kota Malang, yakni menjalin kerjasama dalam menjajaki kerja sama dalam bidang perdagangan dan pendidikan serta investasi.

“Kalau memang berjodoh, pasti kami akan menjalin kerja sama lebih lanjut, bahkan Pemerintah Jiang Men juga akan memboyong para pengusaha sekaligus pabrikan atau industri untuk berinvestasi di Kota Malang, karena kota ini dinilai cukup potensial dan prospektif,” ujarnya.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding-nota kesepahaman_red) kerjasama sister city yang dilaksanakan di Ruang Sidang Balaikota Malang.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here