Pemkab Banyuwangi Luncurkan Program PAMAN TAK RESAH

0
126

Nusantara.news, Banyuwangi – Setelah sukses dalam implementasi program Stop Kematian Ibu dan Anak (SAKINA), pemerintah Banyuwangi akan meluncurkan program kesehatan Pemeriksaan Makanan Jajanan Tak Beracun, Enak, Aman dan Higienis (PAMAN TAK RESAH).

Program PAMAN TAK RESAH ditujukan untuk menjaga kesehatan anak-anak dan untuk menghindari serangan wabah penyakit yang bersumber dari makanan atau minuman tidak higienis.

Pelaksanaan program ini akan ditangani oleh Satgas yang dibentuk secara khusus. “Tugas dari Satgas tersebut adalah mengkosolidasikan keterjagaan jajanan di lingkungan sekolah yang bisa mengancam kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak yang mengkonsumsinya,” ujar Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Rabu (29/3/2017).

Dalam memonitor pelaksanaan program tersebut, akan di bentuk tim pengawasan yang terdiri dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi. Nantinya, tim pengawas tersebut akan berkoordinasi dengan kepala sekolah dan para guru untuk memberikan sosialisasi standar makanan dan minuman yang baik dan sehat kepada para siswa.

“Ini pengembangan dari program “Inspektur Cilik” yang telah diluncurkan  beberapa waktu yang lalu. Kini, para inspektur yang terpilih itu dibekali berbagai pengetahuan sederhana untuk mengidentifikasi jajanan yang sehat dan tidak,” tegas Azwar Anas. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here