Pemkab Jember Tunggu Aturan Pelaksanaan Verifikasi Media dari Dewan Pers 

0
94

Nusantara.news, Jember – Langkah Dewan Pers yang akan meverifikasi media dan memberikan barcot pda media yang lolos verifikasi kita sikapi secara positif thingking. Jika memang verifikasi membuat media semakin sehat dan berkualitas sah-sah saja kita mengikuti aturan tersebut.

Penegasan ini dikemukakan Kabag Humas Pemkab Jember Sri Wahyuniati, di Jember Jum’at (10/2/2017).

Langkah verifikasi oleh Dewan Pers tersebut membuat kalangan media gelisah, terutama  setelah beredar rilis yang mengatas-namakan Dewan Pers dan menyebutkan hanya ada 74 media yang lolos verifikasi Dewan Pers.

Rilis tersebut menyebutkan hanya media yang lolos verifikasi saja yang boleh dilayani jika meliput di lembaga pemerintah, termasuk TNI dan Polri. Rilis itu juga menyebutkan bahwa hasil verifikasi akan diserahkan kepada pemerintah untuk dibuatkan instruksi untuk pelaksanaannya.

Rilis tersebut membuat Dewan Pers mengeluarkan klarifikasi bahwa berita ini hoax dan tidak bisa dipertanggungjawabkan keaslianya.

Pemkab Jember sendiri menurut Sri Wahyuni, sampai saat ini tidak membatasi segala bentuk kerja sama dengan media lokal dan kami bersifat fleksibel terhadap itu. “Jika memang nantinya pemerintah pusat dan Dewan Pers menunjuk pemkab untuk melaksanakan peraturan dari hasil verifikasi, maka kita akan menerapkannya,” katanmya.

Pemerintah Kabupaten Jember ingin melihat media lokal memiliki mutu yang berkualitas dan menjaga profesionalitas jurnalisme. “Pemkab Jember siap memfasilitasi dan membuka kerjasama seluruh media massa di Jember,” kata Sri Wahyuni. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here