Pemuda Dorong UMKM Melek Teknologi Hadapi Persaingan Global

0
71
Ilustrasi UMKM

Nusantara.news, Kota Malang – Sekelompok pemuda Kota Malang yang tergabung dalam team Ngalup.co mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melek teknologi.

Hal tersebut dilatar belakangi karena semakin berkembangnya teknologi di dunia internasional. Pengetahuan serta wawasan teknologi pun perlu dipelajari agar tidak tertinggal, sehingga menjadikan sekelompok masyarakat primitif dan konservatif.

Sekelompok pemuda tersebut ingin membangun ekonomi kreatif di Kota Malang dengan memberikan wawasan terkait manfaat dan penggunaan teknologi, dengan mengadakan pertemuan, seminar, diskusi publik kepada pelaku UMKM, Selasa (23/1/2017) di Ngalup.co Workingspace.

Mereka menjembatani para pelakuk ekonomi kreatif, terutama pengusaha UMKM untuk meningkatkan pemasaran produk mereka melalui penggunaan teknologi. Suksesnya pemasaran produk para pelaku UMKM tersebut akan menambah sumber penghasilan serta mengangkat pendapatan perkapita dari masyarakat kelas menengah kebawah yang notabene pelaku usaha kecil.

Event Manager Ngalup.co, Caesario Prima Bahari memberikan pengethuan terkait strategi bisnis online agar usaha yag digeluti oleh para pelaku UMKM lebih terjangkau luas.

“Teknologi tidak bisa kita tolak, meskipun terkadang ada dampak negatifnya. Tergantung bagaimana kita menggunakan dan memanfaatkannya,” ujarnya kepada Nusantara.news.

Ia menjelaskan bahwa agenda yang ia selenggarakan bersama Ngalup.co ini akan terus berlanjut.

“Agenda ini akan terus berlanjut. Karena hal ini akn juga berpengaruh kepada mereka, biar ekonomi kreatif di Malang ini terus berkembang,” jelasnya.

Caesario menjelaskan meskipun perlu tenaga ekstra untuk mengajarkan bisnis online kepada kalangan ibu-ibu, pihaknya tidak menghentikan semangat kerja bagi mereka yang memiliki semangat untuk belajar dan berkembang.

“Iya meskipun agak lumayan tantangan mengajaran teknologi kepada ibu-ibu, tapi komitmen team kita harus tetap siap melayani dan membantu selama orang tersebut mau untuk belajar dan berkembang. Yang terpenting Niat, dan pasti ada jalan,” imbuh Caseario.

Selain memberikan wawasan dan pengetahuan terkait bisnis online pihaknya juga membantu memberikan ide-ide inovasi dan kreasi produk untuk mempromosikan kepada konsumen.

“Disini, selain kami mengajarkan cara memasarkan produk lewat online kami juga membantu brandingkan produk-produk sesuai dengan trend yang diminati kekinian,” tutupnya.

Di lain tempat, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Malang, Supranoto menjelaskan kondisi UMKM Kota Malang. “Dari jumlah sekitar 70.000 pengusaha di Kota Malang, tambah Supranoto sekitar 90 persen adalah pengusaha mikro,” jelasnya.

Ia berharap program UMKM Go Online to One Million dapat berjalan masif di Kota Malang, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama kelas menengah kebawah.

Mendengar adanya sekelompok pemuda yang turut membantu mendorong UMKM agar terus maju da berkembang, Supranoto mengapresiasi kelompok pemuda tersebut.

“Itu sebuah langkah yang bagus para pemuda yang peduli kepada masyarakat dengan gerakan yang positif. Hal seperti itu perlu dibudayakan dan diberlanjutkan,” tandasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here