Pemuda Muncar Gelar Festival Pungut Sampah

0
68

Nusantara.news, Banyuwangi – Wilayah Muncar merupakan kawasan industri pengolahan ikan terbesar di Banyuwangi dan nomor dua di seluruh Indonesia setelah Bagan Siapi-Api di Riau. Salah satu efek negatif dari aktifitas industri pengalengan ikan di wilayah ini adalah munculnya kekumuhan berupa sampah.

Bahkan, kumuhnya wilayah di sekitar industri pengolahan ikan ini membuat masyarakat resah, karena selain menimbulkan bau yang tak sedap, sungai dan saluran air di lingkungan rumah mereka pun ikut terdampak.

Untuk mengatasi limbah atau sampah di Muncar, beberapa komunitas pemuda setempat menggelar kegiatan Festival Pungut Sampah,  Minggu (19/3/2017). Selain memunguti sampah, para pemuda juga melakukan sosialisasi kepada warga setempat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini kalau terlalu banyak menumpuk di sungai bisa menyumbat saluran dan bisa mengakibatkan banjir. Sampah juga menjadi sarang penyakit lho, Bu,” ungkap Sumaryati salah satu warga yang mengikuti festival tersebut.

Menurut koordinator acara, Tatet Yulianto, kegiatan ini digelar sebagai respon terhadap kondisi wilayah mereka yang kumuh. “Kami bergerak untuk membersihkan lingkungan Muncar dari sampah, agar kesan Muncar kumuh bisa hilang dan kita bersama-sama selesaikan masalah sampah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Banyuwangi Ali Mustofa memberikan apresiasi positif atas inisiatif dan upaya kaum muda untuk membersihkan lingkungan. “Geberakan pertama kali yang dapat memberi contoh kepada desa lainnya. Saya juga sangat mengapresiasi ide kaum pemuda untuk mengajari warga agar nantinya bisa menjaga lingkungan di sekitar rumahnya,” ungkap legislator asal Muncar tersebut.

Sementara itu Camat Muncar, Lukman Hakim juga menyambut gembira atas kegiatan Festival Pungut Sampah ini. “Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung, dan bisa menjadi percontohan,” ujarnya.

Acara Festival Pungut Sampah ditutup dengan deklarasi “Muncar Bersih” sebagai wujud komitmen bersama warga setempat untuk perbaikan kualitas lingkungan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here