Pemuda Pancasila Jatim Menunggu Muswil Keluarkan Kriteria Cagub

0
210
Agus Muslim, Sekretaris MPW PP Jatim

Nusantara.news, Surabaya – Tahun 2018, giliran Jawa Timur yang memasuki “tahun politik”. Pemilihan kepala daerah (pilkada) akan digelar serentak di 18 kota/kabupaten, termasuk pemilihan gubernur/wakil gubernur. Menyambut itu, dukungan dan arah politik Pemuda Pancasila (PP), sebagai salah satu ormas yang memiliki basis yang besar, tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Masyarakat Jatim tentu menunggu kepada calon mana gerangan  rekomendasi politik organisasi tersebut akan diarahkan.

Rekomendasi ini yang akan dikeluarkan Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Jawa Timur dalam Musyawarah Wilayah VII, 21 Maret mendatang. “Salah satu pembahasan yang akan disampaikan dalam muswil nanti adalah rekomendasi politik dan ekonomi,” terang Sekretaris MPW PP Jatim Agus Muslim kepada wartawan, Senin (6/3/2017).

Namun pria asal Probolinggo tersebut menegaskan, rekomendasi yang dikeluarkan hanya berisi tentang kriteria yang sesuai dengan visi misi Pemuda Pancasila. Sedangkan mengenai rekomendasi dukungan kepada figur calon, Agus menegaskan belum ada karena hingga saat ini belum ada  tokoh yang menyatakan diri maju, sehingga PP Jatim belum berkomunikasi langsung dengan tokoh tertentu membahas pilkada.

“Kalau berkomunikasi biasa dan silaturahim sering kami lakukan dengan mereka yang namanya disebut-sebut akan maju. Tapi kalau secara resmi membicarakan dukungan, belum ada. Jadi rekomendasi muswil nanti masih bersifat umum,” ucapnya.

Muswil yang digelar di JX International Surabaya tersebut dijadwalkan dibuka langsung oleh Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP, Japto S. Soerjosoemarno, dan dihadiri Sekretaris Jenderal MPN PP T.M. Nurlif serta sejumlah pengurus harian di tingkat pusat.

Hingga 17 hari menjelang pelaksanaan, baru dua calon yang menyatakan akan maju menjadi orang nomor satu di PP Jatim periode 2017-2022, yaitu Idris Yahya dan Bagus Haryosuseno. Ketua MPW incumbent La Nyalla M. Mattalitti sampai saat ini belum mendaftarkan diri. Pendaftaran calon  baru ditutup 20 Maret.

“Pendaftarannya sampai sehari menjelang hari H, jadi siapa saja boleh mendaftar, termasuk Pak Nyalla,” kata Ketua Bidang Politik Pemerintahan dan Ideologi MPN PP, Togar Manahan Nero. Selain memilih ketua MPW, pada rangkaian kegiatan juga digelar muswil badan-badan otonom, yakni Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiwa (SAPMA) PP  Jatim, dan Muswil Srikandi PP  Jatim.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here