Pendaftaran Calon Gubernur Jatim Dibuka 8 – 10 Januari 2018

0
71
Choirul Anam "Pendaftaran pasangan calon yang akan maju di Pilgub Jatim dibuka mulai 8 hingga 10 Januari 2018"

Nusantara.news, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mengumumkan, rangkaian jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur memasuki tahapan baru, yakni mulai 1 hingga 7 Januari 2018 akan dilakukan pengumuman pendaftaran pasangan bakal calon. Penyebaran informasi itu dilakukan oleh media massa, baik cetak, televisi dan radio, juga media online.

Untuk persyaratan pasangan bakal calon, yakni harus didukung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki kursi minimal 20 persen dari jumlah kursi yang ada di DPRD Jatim. Atau minimal punya 20 kursi di legislatif, sebagai syarat untuk bisa mendaftar menjadi pasangan calon yang akan berlaga di Pilgub Jatim, yang digelar 27 Juni 2018.

“Berikutnya KPU Jatim akan fokus pada pendaftaran pasangan bakal calon dari partai politik, yang pendaftarannya dibuka sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk pendaftaran pasangan calon yang akan maju di Pilgub Jatim dibuka pada 8 hingga 10 Januari 2018,” ujar Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam Jumat (29/12/2017).

Baca Juga: Emil Bicara Marhaenisme di Sarasehan Pemuda Demokrat

Anam menjelaskan, untuk pendaftaran pasangan calon yang berlangsung selama tiga hari akan terjadwal. Selama dua hari pihaknya menerima pendaftaran sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan di hari ketiga atau hari terakhir, pendaftaran akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB.

Choirul Anam “Pendaftaran sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Untuk hari ketiga atau hari terakhir, mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB” (Foto: Tudji)

Berikutnya, setelah pendaftaran pasangan bakal calon selesai. Tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh KPU Jatim adalah melaksanakan pengumuman termasuk terkait kelengkapan dokumen persyaratan dari masing-masing pasangan calon. Termasuk diberikan kesempatan untuk mendapat tanggapan dari masyarakat. “Itu dijadwalkan dilakukan dimulai tanggal 10 hingga tanggal 16 Januari 2018.

Tahapan berikutnya dilakukan penelitian semua berkas persyaratan calon dari partai politik, dilakukan 8 hingga 10 Januari 2018. Kemudian, penelitian syarat para bakal calon dilakukan mulai 10 hingga 16 Januari 2018.

“Untuk hasil penelitian akan diberitahukan pada tanggal 17 hingga 18 Januari 2018,” terang Anam.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam saat memberikan paparan

Setelah seluruh tahapan pencalonan sudah dilakukan, kemudian memasuki tahapan berikutnya yakni penetapan pasangan calon yang terjadwal pada 12 Pebruari 2018.

Tahapan setelah itu, adalah dilakukan pengundian sekaligus pengumuman dan pengesahan nomor urut pasangan calon yang maju di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim 2018, itu dijadwalkan berlangsung 13 Pebruari 2018.

“Semua tahapan terkait pencalonan secara detail dan lengkap, juga akan diumumkan lewat media massa baik cetak, radio, televisi, dan online,” pungkasnya.

Baca Juga: Gus Syaf Maju Pilbup Jombang, Nyono Akhirnya Punya ‘Teman Duet’

Untuk diketahui, hingga saat ini untuk bakal calon yang dipastikan akan maju di Pilgub Jatim di antaranya pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas, mereka diusung partai koalisi PKB dan PDI Perjuangan. Pasangan lainnya, adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak, pasangan ini diusung Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara, untuk Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), seperti kabar yang beredar akan memunculkan pasangan koalisi, dan akan diumumkan pada awal tahun.

Di Pilgub Jatim, Tidak Ada Calon Perseorangan yang Mendaftar

Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak

Sebelumnya, KPU Jatim usai menutup tahapan jadwal penyerahan dukungan pasangan calon, dipastikan tidak ada pendaftar calon perseorangan untuk maju di Pilgub Jatim 2018.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam menyatakan secara resmi menutup penerimaan untuk pasangan calon perseorangan, Minggu 22 November 2018. Sampai batas akhir penutupan pukul 24.00 WIB, tidak ada satu orang atau perwakilan dari calon perseorangan yang mendaftar.

“Dipastikan, secara resmi di Pilgub Jatim 2018 tidak diikuti calon dari perseorangan, hanya akan diikuti oleh pasangan partai politik,” terang Choirul Anam.

Sementara, mendekati waktu pelaksanaan pendaftaran di sejumlah lokasi dan tempat-tempat strategis mulai marak bermunculan baliho bergambar pasangan bakal calon, yakni pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas, juga pasangan Khofifah-Emil.

Sebelumnya, masing-masing partai pengusung mengaku telah melakukan sosialisasi pasangan yang mereka usung. Misalnya, gabungan partai politik pengusung pasangan Gus Ipul-Anas, yakni Hikmah Bafaqih sebagai ketua tim pemenangan. Kepada wartawan, Hikmah yang didampingi Sri Untari dari PDI Perjuangan, sebagai sekretaris mengaku telah melakukan sosialisasi hingga ke desa/kelurahan.

Saifullah Yusuf – Azwar Anas

Kemudian, untuk kubu pasangan Khofifah-Emil, meski belum dibentuk timses, sejumlah tokoh dari partai pengusung mengaku juga telah melakukan berbagai hal termasuk sosialisasi pasangan yang diusung.

Baca Juga: Ini Jawaban KPU Jatim Saat Dikritik Minim Sosialisasi

Misalnya, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo, saat ditanya wartawan mengaku partainya (Demokrat) telah mendirikan 2 ribu posko pemenangan untuk pasangan Khofifah-Emil. Jumlah itu akan terus ditambah yang tersebar di pelosok, di semua kabupaten/kota di Jatim.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here