Penerima Jamkesmas Kota Batu Masih Rendah

0
133

Nusantara.news, Kota Batu – Memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat merupakan salah satu kewajiban pokok pemerintah sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan umum, terutama  bagi kelompok masyarakat yang rentan.

Di Kota Batu, data mutakhir tentang layanan kesehatan menunjukkan bahwa sekitar setengah dari penduduk di kota ini masih belum terjangkau BPJS. Hal ini diuangkapkan oleh Badan Pekerja MCW, Fausi Wibowo yang menyatakan, jaminan kesehatan masyarakat Kota Batu masih minim. Ia mengungkapkan,  baru ada 44.581 jiwa yang mendapat BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari jumlah penduduk Kota Batu sebanyak 214.969 jiwa.

“Hanya ada 44.581 jiwa yang mendapat BPJS PBI, dan 52.308 jiwa non PBI sedangkan sisanya 118.080 jiwa yang belum jelas,” ungkap dia kepada awak media, Kamis (9/2/2017)

“Terlihat di diagram bahwa 118.080 jiwa dari 214.696 total penduduk Kota batu atau hampir 52% masyarakat kota Batu tidak memiliki kejelasan jaminan kesehatan hal ini yang menandakan bahwa minimnya tingkat kesehatan Kota Batu.” pungkasnya

Supinah, seorang petani di Sidomulyo mengatakan bahwa ia belum mengetahui soal Jaminan Kesehatan (BPJS. “Saya tidak tahu apa itu BPJS, Mas. Kalau sakit saya ya ke mantri desa dan bayar,” ujar Supinah.

Realita ini juga dijustifikasi oleh temuan dalam riset MCW di mana mayoritas responden yang diwawancarai mengeluhkan layanan kesehatan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here