Penerima PKH Kota Malang Makin Bertambah

0
75

Nusantara.news, Kota Malang –   Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan salah satu  program dari Dinas Sosial Kota Malang yang merupakan program perlindungan sosial dengan memberikan bantuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan.

Kini di tahun 2017, jumlah penerima PKH Kota Malang naik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan keterangan yang diberikan Dinas Sosial Kota Malang, penerima PKH tahun ini bertambah 2.000 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Kepala Dinsos Kota Malang, Sri Wahyuningtyas menjelaskan kenaikan tersebut seperempat dari jumlah sebelumnya. “Kenaikan penerima PKH naik, yakni dari 4.000 menjadi 6.000. Data itu kami terima dari Kemensos berdasarkan basis data terpadu tahun 2015,” jelasnnya

Ia menambahkan bahwa masyarakat yang menerima PKH, berarti dapat dikatakan salah satu keluarga yang urang mampu “Berdasarkan data di Kemensos, masyarakat yang menjadi penerima PKH masuk dalam keluarga tidak mampu. Kemensos pula yang menentukan kriteria rumah tangga miskin tersebut,”

Data tersebut bersifat terpadu dari pusat, terkadang memang ada beberapa yang juga belum sempat terekap, “Data keluarga tidak mampu yang kami dapat dari Kemensos, meski secara realita dan faktanya tidak mampu tetapi tidak masuk di data terpadu Kemensos ya tidak menerima PKH,” imbuhnya.

Penerima PKH merupakan warga potret dari masyarakat yang kurang mampu, jumlah nominal pendapatan dari PKH di antar penerima tidak sama, hal tersebut berdasar pada warga yang memiliki tanggunguan anak balita dan anak sekolah hingga SMA, meski sudah ada beberapa pagu yang ditetapkan oleh pemerintah.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here