Pengangkatan Camat Oleh Bupati Jember Dinilai Menabrak Hukum

0
154

Nusantara.news, Jember – Pengangkatan 22 camat oleh Bupati Faida dinilai beberapa kalangan menabrak Undang-undang. Hal ini dinyatakan aktivis Posko Merdeka M Sholeh. Menurutnya, pengangkatan camat pada 3 Januari yang lalu tidak sesuai dengan Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri.

Pernyataan tersebut dilontarkan Sholeh dalam rapat antara DPR dan Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) menyangkut prosedur pengangkatan camat di wilayah Jember.

“Mendagri, melalui surat edarannya, telah menjelaskan bahwa camat yang akan ditetapkan oleh bupati atau wali kota, harus berasal dari jajaran pegawai negeri sipil yang menguasai pengetahuan teknis administrasi pemerintahan dan memenuhi persyaratan kepegawaian tertentu sebagaimana yang diamanatkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal ini sebenarnya telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 pasal 224 ayat 2,” ungkap Sholeh.

Lebih lanjut Sholeh mengutarakan, bupati tidak boleh mengangkat camat yang belum memenuhi kriteria sesuai dengan kaidah perundang-undangan. “Jika Bupati sudah baca, tidak mungkin hal ini terjadi. Perintah Mendagri melalui surat edarannya sudah cukup jelas, tidak boleh melantik, mengangkat, dan mengukuhkan camat yang tidak sesuai dengan ketentuan”, ujarnya.

Menurut Sholeh, surat edaran menteri selaras dengan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jatim pada 31 Januari yang lalu bahwa bupati harus melakukan pemutahiran data dan tidak perlu tergesa-gesa mengangkat camat yang belum memiliki kompetensi memimpin tata pemerintahan di level kecamatan.

Sementara itu, Ketua Baperjakat Djoko Santoso mengungkapkan bahwa sejauh ini pemkab telah mengirimkan data camat yang belum memenuhi kriteria perundang-undangan kepada mendagri. “Menteri dalam negeri menjawab akan memberikan jatah untuk mengangkat camat yang tidak sesuai aturan, namun dengan catatan harus mengikuti diklat kepamongprajaan terlebuh dulu,” ujar DJoko.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here