Pengguna Narkoba Malang Meningkat, Polres Himbau Masyarakat Awasi Bersama

0
350
Ilustrasi penangkapan pengedar Narkoba (Sumber: Berita satu)

Nusantara.news, Kota Malang – Tren pengguna narkoba di Kota Malang semakin meningkat di lingkungan muda-mudi yang ramai di Kota Malang. Penggunaan narkoba di dominasi pada kalangan pemuda-pemudi dengan latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang kurang mengenai narkoba dan bahayanya, serta rasa penasaran yang dimiliki pemuda ini masih sangat tinggi, dengan alasan ‘coba-coba’ mereka pun menyentuh barang haram tersebut.

KBO Reskoba Polres Malang Kota, Iptu Bambang Heriyanto, menegaskan, tren dari tahun ke tahun. “Memang kondisi lingkungan dan pergaulan yang harus diperhatikan lebih jeli, tiap tahun statistiknya naik,” ujarnya kepada warrtawan, Senin (25/7/2017).

Berdasar pada data Polres Malang Kota tercatat pada pada tahun 2015 lalu terdata ada 171 kasus, kemudian meningkat pada tahun 2016 lalu, ada 198 kasus dengan melibatkan 223 tersangka, sementara itu pada pertengahan Juli 2017, Polres Malang Kota telah mengungkap 179 perkara dengan jumlah tersangka 213 yang ditangkap.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota, AKBP Hoiruddin Hasibuan menanggapi permasalahan tren jaringan narkoba yang naik. “Sasaran narkoba tidak memandang umur para pengguna. Saya khawatir saat melihat narkoba sudah dikonsumsi oleh anak-anak di bawah umur, bisa merusak generasi bangsa,” tandasnya.

Jaringan narkoba yang mulai merambah ruah ke semua umur ini menjadi ancaman,  hal ini yang kemudian menjadi suatu problem yang mengkhawatirkan. Karena narkoba akan merusak mental masyarakat bangsa. Perlu disikapi bersama dengan serius terkait permasalahan Narkoba.

Ia meminta masyarakat bersama dengan kepolisian, kejaksaan, dan pemerintah daerah bekerjasama guna memerangi  narkoba. “Karena apabila dibebankan pada kepolisian, kejaksaan dan BNN itu belum maksimal. Perlunya gerakan bersama dengan elemen masyarakat sekitar untuk memberantas narkoba di sekitar kita,” pintanya.

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here