Pensiunan PLN ini Menciptakan Lukisan Indah dari Cangkang Telur

1
437
Pelukis Bambang Srianto (67) mengerjakan pembuatan lukisan kaligrafi dengan media cangkang kulit telur di bengkel rumahnya, jalan Tatapakan, Kelurahan Bantarjati, Kota Bogor, Jawa Barat, Jum'at (23/6).ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Nusantara.news, Jakarta – Siapa menyangka, berangkat dari keprihatinan seorang Bambang Srianto (67), pensiunan pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) atas berseraknya limbah kulit telur, tercipta karya-karya lukisan yang indah. Harga jualnya pun mencapai Rp15-20 juta. Tergantung tingkat kesulitannya.

Lihat saja di studio lukisnya di Kota Bogor, Jawa Barat. Wajah tokoh-tokoh dan selebritis terkenal seperti Marilyn Monroe, Sadam Husein, Nelson Mandela, Pangeran William dan artis cantik Kate Middleton terpampang di sana. Selain tokoh dunia ada pula lukisan Presiden RI Joko Widodo dan istrinya Iriana, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Presiden Soekarno, Presiden Soeharto hingga Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti.

“Pertama kali saya melukis tahun 2013. Tokoh pertama yang saya lukis Marilyn Monroe,” ucap Bambang saat ditemui di studio lukisnya.

Bambang mengakui, penggunaan cangkang telur sebagai media seni lukis sudah banyak dilakukan oleh ratusan pelukis. Ide ini berangkat dari keprihatinan banyak orang tentang bagaimana mendaur ulang limbah cangkang telur yang jumlahnya begitu melimpah.

“Sudah ada di mana-mana, cuma yang membedakan adalah tema lukisan yang saya buat,” ucap Bambang yang tampaknya spesialis menekuni potret wajah.

Sejak lama Bambang memang hobi melukis. Tapi itu mustahil dilakukan secara rutin saat berkarir menjadi pegawai PLN. Maka, begitu pensiun ada keinginan kuat mengisi waktu luang dengan menekuni hobi  lamanya, melukis.

Pilihan cangkang telur sebagai media lukis juga berangkat dari keprihatinannya atas limbah cangkang telur yang berserak di Bantarjati, satu diantara pusat kuliner di Kota Bogor.

“Setiap pagi saya melintas di Bantarjati, banyak sekali limbah cangkang telur. Lalu saya berpikir mau diapakan cangkang-cangkang telur itu supaya lokasi tidak kotor,” ujarnya.

Sejak itu Bambang mulai rajin mengumpulkan cangkang-cangkang telur setiap paginya. Memilah antara cangkang telur ayam dan bebek. “Kebetulan saya punya bakat seni, saya lihat gambar-gambar di grup media sosial itu menarik. Seketika ada gambar Marilyn Monroe yang hanya membutuhkan dua warna. Jadi pas dengan sampah kulit telur yang pertama kali saya kumpulkan, yakni biru dan cokelat,” kenang Bambang.

Lukisan pertamanya, Marilyn Monroe, butuh waktu tiga bulan untuk menyelesaikannya. Maklum, dia perlu mempelajari tekhnik hingga ke detail-detailnya. Sebab melukis dengan cangkang telur membutuhkan kesabaran dan ketelitian luar biasa dalam menyusun pecahan cangkang telur yang tidak beraturan sehingga tercipta gradasi warna yang menggambarkan potret seorang tokoh yang dia inginkan.

“Melukis dengan cangkang telur ini seperti menyusun puzzle, harus mencocokan antara pecahan cangkang yang satu dengan pecahan cangkang lainnya,” katanya.

Beginilah proses kreatif Bambang dalam menekuni lukisan cangkang telurnya di bengkel rumahnya, jalan Tatapakan, Kelurahan Bantarjati, Kota Bogor, Jawa Barat, Jum’at (23/6). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kekuatan Bambang adalah kemampuannya menghidupkan karakter tokoh-tokoh dunia yang legendaris dan memiliki pengaruh kuat seperti misal lukisan potretnya Nelson Mandela, selanjutnya lukisan Dalai Lama yang bersalaman dengan Aung San Suu-Kyi, lukisan potret Sadam Husin dan Paus Yohanes Paulus II.

Selebritis lain yang tidak luput dari perhatian Bambang adalah Pangeran William dan Kate Middleton pada saat momen kelahiran Putri Charlotte of Cambridge. Rencananya lukisan itu diberikan sebagai hadiah atas kelahiran cucu kedua Pangeran Charles.

“Saya sempat mengirimkan lukisan ini ke Kedutaan Inggris yang ada di Jakarta, tetapi karena ketatnya prosedur keamanan, jadi lukisan saya tidak diterima,” keluh Bambang.

Saat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ditinggalkan wafat oleh putranya, Bambang pun menuangkannya pada lukisan cangkang telur.

Selain itu ada juga lukisan Joko Widodo bersama istrinya Iriana pada momen pelantikannya. Selanjutnya ada juga lukisan Presiden RI, mulai dari Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati dan Bambang Susilo Yudhoyono.

“Biar beda, saya buat lukisan ini sepasang Presiden bersama ibu negara, biar jadi pembeda dengan lukisan lain,” kata dia.

Tidak ketinggal Bambang juga melukis Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama istrinya Yane Ardian. Juga ada lukisan Ibu Negara Fatmawati, Tommy Soeharto, Prabowo Subiakto dan Titiek Soeharto, Dewi Persik, hingga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

“Lukisan Wali Kota Bogor ini untuk menghormati pimpinan daerah tempat saya tinggal. Beliau juga cukup berjasa karena membangun taman-taman yang menjadi tempat warga berinteraksi,” puji Bambang.

Sejak menekuni dunia lukis pada 2013, Bambang mengakui baru dua kali mengikuti pameran, Pertama pameran di Universitas Indonesia dan kedua pameran di Bumi Serpong Damai dalam Festival Indonesia. Maka dia berharap bisa pameran tunggal. Terlebih koleksi lukisannya sudah puluhan buah sejak pertama kali melukis Marilyn Monroe. []

1 KOMENTAR

  1. Murah itu indah … Kadang berselimut hidayah … Berkah pun melimpah … Usia tdk mengalangi utk berinovasi … Bravo Mr Bambang!

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here