Perkuat Distribusi Bahan Pokok, BUMDes Bermitra Dengan Bulog Banyuwangi

0
234

Nusantara.news, Banyuwangi – Sebagai upaya untuk memperkuat distribusi bahan pokok, BUMDes menjalin kerjasama dengan Bulog Banyuwangi. Terdapat lima komoditas yang menjadi sasaran kerjasama yaitu beras, minyak goreng, gula, tepung terigu, dan bawang putih. Diharapkan dari terjalinya kerjasama kedua lembaga tersebut, jejaring distribusi bahan kebutuhan konsumsi masyarakat menjadi lebih terjangkau harganya.

Menurut Bupati Banyuwangi Azwar Anas pada hari Sabtu (11/2/2017), ”Dengan sinergi yang telah dirintis sejak akhir tahun lalu, warga desa yang menjadi pilot project mendapat kemudahan mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, sehingga inflasi menjadi rendah dan stabil”. Sampai saat ini terdapat 14 BUMDes yang telah menjalin kerjasama dengan Bulog untuk penyaluran bahan pokok tersebut.

Azwar Anas berharap dengan adanya penguatan peran BUMDes ini mampu mendongkrak kapasitas ekonomi di tingkat desa. “Untuk kedepanya akan terus didorong sinergi kerjasama ke seluruh desa-desa di Banyuwangi”,

Salah satu Bumdes yang telah menjalankan sinergi itu adalah Bumdes Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro. Menurut Kades Desa Ketapang Slamet Kasihono sinergitas badan usaha milik desa dengan bulog mendapatkan respon positif dar masyarakat.  ”Bahkan kami sudah tiga kali repeat order ke Bulog senilai puluhan juta rupiah. Kami juga bersinergi saat ada operasi pasar cabai beberapa waktu lalu”, ungkapnya.

Selaras dengan program distribusi bahan pokok tersebut, Desa Ketapang memiliki rencana untuk mengembangkan  Rumah Pangan Kita (RPK) di tingkat dusun. RPK merupakan agen yang menyediakan sembako bersinergi dengan Bulog. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here