Pertama di Indonesia, BI Jember Gulirkan Program Perlindungan Tenaga Kerja UMKM

0
134

Nusantara.news, Jember – Sepuluh kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia Perwakilan Jember menandatangani kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Tenaga Kerja di Kantor BI Jember, Kamis (16/2/2017).

Kepala BPJS Tenaga Kerja Jember Cahyaning Indriasari mengungkapkan, kerjasama ini menjadi yang pertama di Indonesia. Menurutnya perlindungan kepada UMKM sangat diperlukan ketika melihat kuantitas jam kerja sektor informal yang tidak terbatas.

“Dari segi permodalan, mereka terbatas, sehingga ketika ada kecelakaan kerja atau meninggal dunia, tentunya akan merepotkan keluarga,” ungkap Cahyaning. Rencananya ada 17 UMKM di bawah binaan Bank Indonesia yang akan menjalin kerjasama dengan BPJS Tenaga Kerja.

Prosedur yang dilakukan dalam pemberian BPJS ini, masing-masing personel akan membayarkan biaya sebesar Rp16.800 per orang per bulan. Cahyaning menjelaskan, “Bila ada risiko kecelakaan atau meninggal dunia, modal kerja tak perlu terganggu.
“Harapannya, nanti yang jadi peserta adalah anggota kelompok usaha itu dulu.

Kelompok-kelompok ini kami harapkan membantu pendaftaran dan mengumpulkan iuran tiap bulan. Setelah semua anggota jadi peserta, mereka bisa mengedukasi masyarakat sekitar,” imbunya.

Sampai saat ini, Bank Indonesia Jember menaungi ribuan anggota UMKM yang tersebar di sejumlah wilayah tapal kuda meliputi Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang. Diharapkan kerjasama ini menjadi contoh bagi pelaku usaha lain agar bisa melakukan peningkatan kualitas kerja setiap anggota UMKM. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here