Pertama di Indonesia, Jember Luncurkan E-Siskamling

0
246
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin didampingi Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera (kiri), Irwasda Kombes Pol Wahyudi Hidayat (kanan) dan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo (kedua kiri) meluncurkan aplikasi E-Siskamling di Mapolres Jember, hari ini.

Nusantara.news, Jember – Sejak tahun 2016 hingga awal 2017 ini, Kabupaten Jember dihadapkan pada beberapa kasus uang palsu, maraknya pembegalan, perburuan hewan dan satwa, perobekan bendera NU, kasus pungli hingga aksi penembakan oleh oknum anggota kepolisian. Kondisi ini membuat Kepolisian Resor Jember terus berupaya untuk melakukan pengingkatan keamanan, khususnya di lingkungan masyarakat.

Salah langkah cepat yang dilakukan Polres Jember untuk mewujudkan ketertiban dan rasa aman di masyarakat adalah dengan diwujudkanya aplikasi e-Siskamling. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dengan mudah dapat memberikan pelaporan kepada aparat yang kepolisian.

“E-Siskamling menjadi aplikasi untuk memantau keamanan secara cepat dan tepat melalui basis internet. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat dengan mudah memberikan pelaporan kepada kita (kepolisian). Untuk itu kita perlu segera lakukan sosialisasi agar dalam pelaksanaanya mampu dimaksimalkan, ungkap Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo dalam acara launching e-Siskamling, Kamis (6/4/2017).

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin memberikan apresiasi atas implementasi e-Siskamling. Menurutnya, e-Siskamling menjadi aplikasi pertama di Indonesia. Untuk itu, Arifin berharap agar daerah lain mengadopsi pelaksanaan e-Siskampling yag akan di implementasikan di Jember.

“Program ini adalah suatu terobosan yang baik dan inovatif sehingga bisa ditiru oleh daerah lain. Saya berharap pelaksanaan e-Siskamlling berjalan dengan baik, jangan sampai ada cerita setelah launching tidak ada wujud pelaksanaannya,” ujar Machfud Arifin.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here