Perusahaan Penyeberangan Layak Dapat Subsidi

1
107

Nusantara.news, Surabaya – Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Jawa Timur I, Bambang Harjo mengatakan moda transportasi kapal laut memegang peran penting sebagai sarana transportasi ke berbagai wilayah di Indonesia, sebagai negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan cukup luas. Perusahaan jasa penyeberangan kapal laut tidak boleh terbebani biaya tinggi termasuk pajak, agar bisa menekan harga tiket murah untuk masyarakat. Sampai saat ini, kapal laut adalah merupakan alat penyeberangan yang tak tergantikan. Dan, sudah dilakukan bertahun-tahun, sejak dulu.

“Sedikitnya 15 ribu armada kapal laut yang telah berlayar ke berbagai wilayah di Tanah Air, dan sampai sekarang tidak tergantikan. Itu (armada kapal laut-red) seharusnya ada subsidi termasuk untuk kapal ferry, juga termasuk menyangkut harga atau tarif,” kata Bambang Harjo kepada wartawan di Surabaya, Senin (13/3/2017).

Bambang Harjo menambahkan, keberadaan kapal laut dengan berbagai rute pelayaran yang ditempuh, jauh hari sudah ada sebelum muncul istilah Tol Laut. Keberadaan kapal-kapal dengan berbagai rute tersebut selain mengisi jalur pelayaran yang relatif lebih cepat, juga membantu kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok ke berbagai pelosok di tanah air. Itu sangat mendukung program pemerintah untuk menghindari terjadinya disparitas harga antara satu daerah dengan daerah lain.

“Dengan kapal laut, pengangkutan logistik nasional ke berbagai wilayah bisa lebih cepat. Kapal juga terjadwal secara baik. Sehingga pemilik barang mendapatkan kepastian dan tepat mengirim barang,” tambahnya.

Pihaknya mendukung program pemerintah dalam percepatan pengangkutan logistik dan layanan angkutan laut menggunakan kapal dengan istilah Tol Laut.

Menurutnya, Tol Laut sangat membantu percepatan distribusi logistik nasional.

Tol Laut, dan dengan dioperasikannya kapal khusus dapat memberikan kepastian bagi pengguna jasa atau pemilik barang. Perusahaan pelayaran dan beberapa pelabuhan juga sangat mendukung program tersebut. Karena selain melancarkan alur transportasi, alur distribusi perdagangan juga menjadi cepat dan mudah.

Menurut wakil rakyat dari Dapil Jawa Timur I, yang berangkat dari Partai Gerindra ini, untuk menjaganya termasuk keberlangsungan para pemilik perusahaan pelayaran, subsidi juga hendaknya diberikan pemerintah untuk menjaga keberlangsungan perusahaan jasa penyeberangan.

“Subdisi harus bisa dirasakan oleh para pemilik perusahaan kapal. Karena selama ini pemilik perusahaan jasa angkutan kapal selalu terbebani oleh tingginya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” ujarnya.

Selain mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan pemilik perusahaan kapal, Bambang juga menyinggung soal regulasi angkutan kapal yang masih tumpang tindih yang harus segera dibenahi.

“Kita perlu memperhatikan itu, karena biaya-biaya lain masih tinggi, termasuk soal regulasi yang masih banyak tumpang tindih, juga terkait sertifikasi itu harus dilakukan pembenahan,” urai Bambang.

Bambang Harjo juga menyoroti masih banyaknya fasilitas dermaga yang tidak seimbang dengan kebutuhan dan kenyamanan pelayaran. Pembenahan dermaga harus betul-betul diperhatikan, karena itu menyangkut keamanan juga kenyamanan angkutan penyeberangan kapal laut, termasuk ketepatan kedatangan kapal serta distribusi barang komoditas. []

1 KOMENTAR

  1. Do you have a spam issue on this site; I also am a blogger, and I was wanting to know your situation;
    we have developed some nice methods and we
    are looking to trade strategies with others, be sure to
    shoot me an email if interested.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here