Pilkada di Depan Mata, Masyarakat Kota Batu Tak Kenali Profil dan Program Cawali

0
146

Nusantara.news, Kota Batu – Mendekati tahap pencoblosoan, masyarakat Kota Batu sebagian besar tak tahu akan profil dan latar belakang calon dan juga programnya yang bertarung dalam pilkada yang digelar 15 Februari 2017.

Hal itu terungkap dari riset yang dilakukan Malang Corruption Wacth tentang Kesadaran Politik Masyarakat Kota Batu.

Dengan responden yang diambil dari setiap kecamatan di Kota Batu, riset tersebut menemukan bahwa 64% dari responden tidak mengetahui profil dan latar belakang pasangan calon walikota. Sebanyak 80% dari mereka juga belum mengetahui program yang diusung oleh pasangan calon walikota.

“Ada 64% warga yang tidak tahu profil calon yang akan mereka pilih, dan 80% mereka tidak tahu program yang diusung,” ujar Badan Pekerja MCW, Fauzi Wibowo, saat merilis hasil riset di Omah Rakyat Kota Batu, Senin (6/2/2017).

Riset MCW juga mendapatkan, bahwa  74% masyarakat menyatakan akan menentukan pilihan atas dasar program. “Hal ini yang menjadi kontradiktif karena program saja tidak tahu, lantas program mana yang dijadikan dasar memilih, ini sangat kontradiktif,” imbuh Fauzi.

Direktur Omah Rakyat, Saiful Amin mengatakan, hal itu terjadi karena proses sosialisasi dan kampanye kurang maksimal. Kampanye yang dilakukan calon masih satu arah dan tidak dialogis. Hanya kepentingan sektoral yang terlihat, dan mengumbar ceramah dan janji – janji ketika mereka nanti terpilih.

Zanuddin, pegiat Anti Korupsi MCW menilai kampanye yang dilakukan kurang memiliki esensi dan bersifat seremonial saja

“Mereka hanya sebatas memasang gambar, blusukan, ceramah tanpa dialogis, kurang terlihat adanya ide gagasan paket program jangka panjang dan berlanjut yang ditawarkan berdasar kebutuhan masyarakat sehingga kampanye ini kurang memeiliki esensi,” ujarnya

“Kampanye yang tidak memiliki esensi ini akan berpotensi memanggil adanya praktik money politic,” tandas Zainuddin. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here