Probolinggo Implementasikan Pelayanan Akta Kelahiran Online

0
194

Nusantara.news, Probolinggo – Semua puskemas di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur akan menerapkan layanan akta kelahiran online secara bertahap. Saat ini, layanan tersebut telah diujicobakan di RSUD Waluyo Jati, RSUD Tongas, Puskesmas Paiton, Maron, dan Puskemas Sumberasih.

“Pelayanan pendaftaran akta kelahiran secara online ini, dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan akta kelahiran bayi sekaligus menjadi pemenuhan hak masyarakat untuk mendapatkan surat atau dokumen kependudukan,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Probolinggo, Slamet Riyadi (31/3/2017).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dispenduk Capil Kabupaten Probolinggo, Wahyunani, mengungkapkan pelayanan pendaftaran akta kelahiran secara online ini hanya dilakukan di rumah sakit dan puskesmas.

“Jadi buat orang tua yang akan melahirkan di rumah sakit maupun puskesmas agar mempersiapkan buku nikah, KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan KTP 2 (dua) orang saksi. Yang terpenting lagi siapkan nama calon bayi itu dulu. Setelah itu data tersebut akan dikirim online ke Dispenduk Capil untuk diproses,”ujarnya.

Wahyuni mengharapkan dengan adanya pelayanan online akta kelahiran, akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Akta kelahiran menjadi salah satu surat yang penting bagi setiap keluarga dalam mengurusi segala keperluan.

“Akta kelahiran itu banyak sekali manfaatnya mulai dari mendaftar sekolah, pelayanan fasilitas pemerintah dan lain sebagainya. Karena begitu pentingnya akta kelahiran, diharapkan penduduk yang belum memiliki segera mengurus di Dispenduk Capil Kabupaten Probolinggo,” tegasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here