Produk Beras Organik Bondowoso Akan Go Internasional

0
210

Nusantara.news, Bondowoso – Sebentar lagi, daerah Bondowoso akan memiliki produk unggulan lokal, yaitu beras organik yang akan di distribusikan di pasar internasional. Awalnya, program beras organik ini dicetuskan oleh Bupati Amin Said Husni yang mulai menjabat di Tahun 2008.

Gagasan ini kemudian diterjemahkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, yang saat  itu masih dijabat oleh Wahyudi Tri Atmadji. Program ini kemudian dilanjutkan oleh kepala dinas berikutnya, H. Hindarto dengan menyelenggarakan Sekolah Lapang Pertanian Organik (SLPO).

“Awalnya itu ada 6 lokasi SLPO. Salah satunya di Desa Lombok Kulon. Kegiatan itu diselenggarakan 3 tahun berturut-turut. Tahun berikutnya mengerucut menjadi 3 titik. Di tahun ketiga hanya satu lokasi, di Desa Lombok Kulon hingga berhasil sampai sekarang,” ungkap Ketua Gabungan Kelompok Tanim (Gapoktan) Al barokah, Mulyono, Rabu (29/3/2017).

Mulyono menambahkan, gerakan tani yang tergabung dalam Al Barokah pada tahun 2011 mulai mengajukan sertifikasi beras organik kepada Lembaga Sertifikasi Seloliman (Leso) Mojokerto.

“Dua tahun (dari tahun 2011-2012) itu masa konversi dari non-organik menjadi organik. Baru pada tahun 2013 dapat sertifikat nasional dari Leso,” tegasnya.

Menurut Mulyono, saat ini gerakan tani telah menghasilkan empat varietas padi organik sesuai dengan kebutuhan pasar. Beras-beras ini sudah siap untuk dipasarkan ke luar negeri. Ekspor akan dilakukan oleh PT Aksara Kencana Putra (AKP) sebagai calon eksportir beras organik Bondowoso.

“Kita memiliki empat jenis beras organik, yaitu aromatik, non aromatik, beras hitam dan beras merah. Satu lagi adalah campuran 4 varian tadi,” tegasnya.

Pemkab Bondowoso saat ini gencar meningkatkan produksi tanaman organik, khususnya padi. Upaya ini telah masuk ke dalam rencana pembukaan lahan pertanian organik di masing-masing kecamatan dengan luas lahan minimal 10 hektar per kecamatan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan beras organik di pasar internasional yang terus meningkat. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here