Program Unggulan Kabupaten Banyuwangi Menjadi Contoh Daerah Lain

0
418

Nusantara.news, Banyuwangi – Kesuksesan Banyuwangi dalam implementasi program unggulan telah menarik minat daerah lain untuk mencontohnya. Untuk itu, lima kabupaten dari lima provinsi di Jawa-Bali menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kabupaten Banyuwangi untuk bersama-sama mengadopsi dan mengembangkan program-program yang diterapkan di Banyuwangi.

Penandatangan nota kesepahaman itu adalah Kabupaten Serang dari Provinsi Banten, Sukoharjo dari Provinsi Jawa Tengah, Bantul dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jembrana dari Provinsi Bali, dan Kediri dari Jawa Timur yang telah mengadopsi program unggulan Kabupaten Banyuwangi.

Beberapa program yang telah menjadi model percontohan bagi daerah lain yang dilakukan Pemkab Banyuwangi adalah e-village budgeting, e-monitoring system, e-audit, program kependudukan ”Lahir Procot Pulang Bawa Akta”, pengembangan pariwisata, dan perbaikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

“Tentu ini iklim kerja sama yang bagus. Kita semua saling belajar dan berbagi pengalaman demi kemajuan bersama. Tak ada lagi ego, ini era kolaborasi, bukan zamannya kompetisi. Tak ada lagi bicara ini kabupaten saya, itu kabupaten Anda, tapi kita berbagi bagaimana mengaplikasikan yang baik di satu daerah ke daerah yang lain,” ujar Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, Rabu (22/3/2017).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan pihaknya akan mengadopsi tiga program Banyuwangi yaitu program pengembangan pariwisata, pendidikan, dan kesehatan. Sebelumnya, tim Pemkab Serang telah melakukan studi banding untuk menganalisis implementasi tiga program unggulan tersebut.

“Kerja sama ini agar kita sama-sama berkembang untuk meningkatkan pelayanan. Hampir semua daerah masalahnya adalah ego sektoral yang sulit dihilangkan. Di Banyuwangi masalah itu terkikis karena satu program dikeroyok bareng semua SKPD, jadi semua bekerjasama,” tegas Bupati Serang.

Menurut Bupati Serang, salah satu penentu kesuksesan program Banyuwangi adalah kualitas birokrasinya. Menurutnya, di Banyuwangi telah terbangun sinergitas yang solid antar SKPD dalam setiap pelaksanaan program. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here