Program WKDS Akan Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan di Situbondo

0
51

Nusantara.news, Situbondo – Implementasi program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) dari Kementerian Kesehatan RI sudah dapat dirasakan manfaatnya bagi tiap daerah. Salah satu daerah yang mendapatkan manfaat positif dari program tersebut adalah Kabupaten Situbondo.

“Situbondo mendapatkan bantuan sebanyak sembilan dokter spesialis dari program WKDS Kemenkes. Sehingga jumlah keseluruhan dokter spesialis di Situbondo sudah mencapai 26 orang dokter spesialis,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi, Kamis (6/4/2017).

Sebanyak 26 dokter spesialis yang  bertugas di wilayah Bondowoso terdiri atas dokter spesialis kandungan, anak, bedah, dan penyakit dalam.

Sejak dulu, Kabupaten Situbondo memang mengalami defisit tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis. “Kenapa kekurangan dokter spesialis? Karena di Situbondo dari dulu memang kurang diminati oleh tenaga medis, khususnya dokter spesialis. Penyebabnya banyak faktor, bisa saja dokter itu jauh dari keluarga dan juga faktor kultur masyarakatnya,”terangnya.

Dengan hadirnya dokter spesialis tersebut, mampu memangkas kekurangan tenaga medis yang selama ini di alami. “Kalau idealnya dokter spesialis yang dibutuhkan di Situbondo 40 orang dokter spesialis. Tetapi dengan bertambahnya sembilan dokter bantuan dari Kemenkes ini sudah sangat membantu dan jumlah keseluruhan dokter spesialis di Situbondo sekarang sudah 26 dokter,”katanya.

Masing-masing dokter spesialis akan ditempatkan di RS Abdurrahman Saleh, RSD Asembagus dan RSD Besuki. Untuk itu, Pemkab Situbondo akan menganggarkan jasa layanan medis untuk dokter spesialis melalui APBD dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here