Puluhan Desa di Situbondo Belum Bisa Cairkan Dana Desa

0
58

Nusantara.news, Situbondo – Sebanyak 22 desa di Situbondo belum bisa mencairkan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD). Pasalnya, persyaratan administrasi puluhan desa ini masih dalam proses verifikasi, seperti Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan anggaran tahun 2016, APBDes dan RKPDes 2017.

Saat ini sudah ada 110 desa yang bisa mencairkan ADD tahap pertama. Setiap desa menerima bantuan ADD dengan jumlah bervariasi, mulai 600 juta hingga 800 juta rupiah perdesa.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo, Suradji, Pemkab mencairkan ADD 110 desa karena sudah merampungkan administrasinya. ADD yang dicairkan baru tahap pertama yaitu Pebruari hingga April.

“Selain bantuan ADD setiap desa juga menerima bantuan DD atau Dana Desa. Besarnya juga bervariasi mulai Rp700 juta hingga Rp1 miliar lebih.  Kalau digabungkan bantuan ADD dan DD, maka masing-masing desa mengelola keuangan mencapai Rp1,5 miliar hingga Rp1,8 miliar,” ungkap Suradji.

Suradji menambahkan,  saat ini bantuan untuk DD belum bisa dicairkan, karena Pemkab Situbondo belum menerima transfer dananya dari Pemerintah Pusat. Suradji berharap, bantuan DD bisa ditransfer lebih awal, agar Pemerintahan Desa bisa merampungkan SPJ tepat waktu yaitu per 31 Desember.

“Tahun ini jumlah total bantuan ADD dan DD mencapai Rp201,533 miliar  lebih. Rinciannya, ADD sebesar Rp90,099 miliar. Sedangkan DD sebesar Rp111,434,” urainya.

Suradji berharap seluruh desa di Kabupaten Situbondo bisa segera mencairkan dana ADD/DD sehingga pembangunan daerah bisa terlaksana secara maksimal. Untuk itu pihaknya menghimbau agar desa yang belum menyelesaikan tanggungan administratif yang belum terselesaikan.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here