Puncak Arus Balik Lebaran Diperkirakan Sabtu Malam

0
85
pemudik yang akan balik lagi ke tempat asalnya setelah Lebaran sebaiknya kodisi tubuhnya harus fit atau dalam keadaan sehat karena lalu lintas sangat padat. JIka capek maka istirahatlah sejenak.

Nusantara.news, Surabaya – Kepala Dinas Perhubungan Jawa timur Wahid Wahyudi memperkirakan puncak arus balik pemudik lebaran terjadi pada Sabtu malam. Wahyudi  mengingatkan agar para pengguna jalan atau pemudik untuk selalu berhati-hati dan waspada dengan kepadatan arus lalu lintas, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Guna memberikan kenyamanan bagi para pengguana jalan di arus balik maka dihimbau untuk kendaraan angkutan barang dengan JBI lebih dari 14.000 kilogram, kendaraan sumbu 3 atau lebih, kereta tempelan dan kereta gandengan untuk menunda pengoperasiannya sampai H+7 lebaran.

“Bila terpaksa harus beroperasi, maka jajaran kepolisian akan mengatur sesuai dengan kondisi di lapangan, artinya akan menghentikan sementara ke pinggir jalan atau kantong-kantong parkir bila terjadi kepadatan lalu lintas,” ujar Wahid Wahyudi, kemarin.

Sementara, pantauan Nusantara.news, di H+4 lebaran, arus balik di ruas Jalan sepanjang  Trosobo terus dipadati bus dari arah luar kota yang masuk ke Terminal Purabaya, Sidoarjo mengangkut penumpang usai mudik lebaran dari berbagai daerah di Jawa Timur dan lainnya.

“Puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 2017 termasuk di Surabaya diprediksi terjadi pada hari Sabtu dan Minggu 1-2 Juli 2017,” ujar Kasubnit Terminal Purabaya, Sidoarjo, Hardjo, Jumat (30/6/2017).

Jumlah bus yang datang dengan mengangkut penumpang usai mudik lebaran diperkirakan mencapai puncaknya pada hari Sabtu malam, termasuk yang melalui Terminal Purabaya, di Sidoarjo. Prediksi itu lantaran, Senin 3 Juli, adalah hari kerja normal, termasuk mereka yang berdinas sebagai pegawai negeri. “Karena, Senin tanggal 3 itu dimulai hari kerja,” tambahnya.

Terminal Purabaya, Puncak Arus Balik Diprediksi Sabtu Malam

Sementara, data pantauan petugas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, mulai pukul 00.00 sampai 14.00 WIB hari ini, penumpang yang turun di Terminal Purabaya mencapai 40.579 orang penumpang. Dan, kedatangan penumpang tersebut diperkirakan mencapai puncaknya pada Sabtu malam.

“Jika terjadi peningkatan, biasanya akan terlihat bus tambahan,” lanjutnya.

Sampai pukul 15.00 WIB sore tadi, tercatat sebanyak 870 armada bus yang masuk ke terminal. Dan, yang meninggalkan terminal juga cukup banyak, mencapai 536 armada bus dan mengangkut 16.796 penumpang.

Di Terminal Purabaya yang saat ini telah difasilitasi layaknya Bandara juga menjadi tujuannya penumpang arus mudik dan balik lebaran untuk transit, kemudian kembali melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

“Di Terminal Tipe A ini juga menjadi terminal transit yang kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya,” terang Hardjo.

Mereka, antara lain penumpang yang dari Jawa Barat, Jawa Barat, atau Jakarta yang akan melanjutkan perjalanan ke Madura, Bali atau tempat lainnya.

Untuk masyarakat yang melakukan perjalanan di musim arus balik lebaran, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf juga mengimbau agar selalu waspada dan tetap berhati-hati selama dalam perjalanan. Mengutamakan keselamatan dengan tidak mengabaikan kondisi kesehatan.

“Masyarakat yang melakukan perjalanan di musim arus balik lebaran harus tetap berhati-hati, selain tertib berlalu-lintas juga harus memperhatikan kesehatan,” kata Saifullah Yusuf, Kamis (29/6/2017).

Dia mengingatkan, para pengendara juga tidak memaksakan diri di perjalanan, kalau capek harus beristirahat. Menurutnya, kecenderungan kecelakaan karena pengguna jalan lalai termasuk mengabaikan waktu istirahat.

“Demi keselamatan kalau capek atau kelelahan istirahat saja, banyak rest area yang disiapkan pemerintah maupun swasta, kalau sudah nyaman baru berangkat kembali,” pintanya.

Di musim mudik dan balik lebaran tahun ini, Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf mengapresiasi keterlibatan semua pihak untuk kelancaran musim mudik, selain yang dilakukan pemerintah, kepolisian, TNI, Dishub atau juga pihak swasta yang turut membantu mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik.

“Secara umum saya melihat yang dilakukan oleh polri, pemerintah daerah, TNI juga swasta sangat baik koordinasinya, pemudiknya juga harus ada kerjasama yang baik,” tegasnya.

Dandim Mojokerto Sambangi Pos Pam Arus Balik Lebaran

Keterlibatan TNI di musim mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2017 itu setidaknya diperlihatkan oleh Kodim Mojokerto. Kemarin, Komandan Kodim Mojokerto 0815 Letkol Czi Budi Pamudji terlihat turun langsung ke sejumlah Pos Pam yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Pimpinan tentara di Mojokerto itu memberikan motivasi kepada para petugas termasuk prajurut TNI yang sedang melaksanakan pengamanan lebaran yang tergabung dalam Operasi Ramadniya Semeru 2017.

Selain itu juga untuk melihat langsung situasi dan kondisi arus mudik dan balik lebaran di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto yang tergolong jalur padat.

Sejumlah Pos Pam di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota yang ditinjau Dandim yakni Pos Pam Aloon Aloon, Pos Pam Kelenteng, Pos Pam Utara Jembatan Gajah Mada, Pos Pam Simpang Tiga Tol Pagerluyung Gedeg, Pos Pam Rel KA Kedungsari, Pos Pantau Gunung Gedangan, Pos Pam Sunrise Mall, Pos Pam Utara Terminal Kertajaya, Pos Pam Dalam Terminal Kertajaya. Sementara di wilayah Hukum Polres Mojokerto yang tidak luput dari pantauan Dandim 0815 yaitu Pos Pam Simpang Lima Kenanten dan Pos Pam Mertex.

Tidak hanya menyambangi anggota, Dandim juga memberikan bingkisan dan minuman pada setiap Pos Pam / Pantau yang dikunjungi. “Anggota yang bertugas di sejumlah Pos Pam patut diapresiasi secara positif, disaat masyarakat lainnya sibuk untuk berlebaran, para anggota rela bertugas di sejumlah Pos Pam demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya Umat Islam yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

“Ini kewajiban dan tugas Kodim sebagai Satuan Komando Wilayah (Satkowil) untuk membantu Kepolisian dalam menciptakan dan mewujudkan kondusifitas wilayah,” ujar
Letkol Czi Budi Pamudji.

Disebutkan, personilnya dari Kodim 0815 Mojokerto yang ikut berperan dalam Pengamanan Perayaan Idul Fitri tahun ini dimulai sejak 19 Juni hingga 4 Juli 2017 mendatang.

Usai meninjau anggotanya yang bertugas di 12 Pos Pam, Dandim 0815 Mojokerto melanjutkan memantau arus balik lebaran di sejumlah titik di sepanjang Jl. Raya By Pass Mojokerto. Ikut serta mendampingi peninjauan, di antaranya ada Pasipers Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono dan Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Khambali.

Selain bersinergi antar personil dari berbagai instansi, petugas keamanan di Pos Pam juga harus merangkul masyarakat sekitar. Tujuannya, selain menjaga ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas saat lebaran. Juga tak kalah penting agar wilayah yang menjadi tanggung jawab pengawasan juga terhindar dari kemungkinan adanya aksi teror, yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Di Surabaya, Taman Bungkul Jadi Alternatif Mengisi Libur Lebaran

Di suasana liburan lebaran, sebagian masyarakat Surabaya memilih menikmati Taman Bungkul yang terletak di tengah kota, yakni di Jalan Raya Darmo. Selain menikmati taman, mereka yang datang termasuk bersama keluarga terlihat ceria menikmati kuliner yang berjajar.

Sementara, anak-anak dan remaja terlihat banyak juga yang menikmati permainan skate boad di areal yang dibangun Pemkot Surabaya ini. Sedangkan, para orang tua dan lainnya juga tak sedikit yang memanfaatkan untuk berziarah di Makam Mbah Bungkul yang terletak di belakang areal taman.

“Kami datang bersama keluarga, selain dekat rumah di Taman Bungkul ini menurut saya adalah lokasi wisata alternatif yang murah dan nyaman,” ujar Wanto warga Rungkut Kidul saat ditemui, kemarin.

Selain itu juga tak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke Taman Bungkul untuk melakukan ziarah di makam Mbah Bungkul, apalagi bertepatan dengan hari Jumat Legi, yang menurut mereka adalah saat yang tepat.

“Ini tadi habis berkunjung ke rumah sanak famili, berlebaran di Surabaya dan sekalian mampir ke Taman Bungkul ini. Sekaligus juga sholat dan berziarah,” kata Sunan warga Sidoarjo.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here