Puting Beliung di Singosari, Warga Mengungsi

0
184

Nusantara.news, Kabupaten Malang – Peristiwa angin puting beliung yang terjadi di Dusun Blandit, Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari membuat beberapa warga mengungsi karena rumahnya rusak parah akibat diterjang angin tersebut yang melanda wilayah itu, Senin (20/3).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Kalaksa Iriantoro, mengatakan waktu peristiwa kejadian. “Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 12.30 WIB,”

Akibatnya pagi ini pun aktivitas masyarakat sekitar terhenti, karena sibuk memperbaiki tempat tinggalnya yang telah disapu angin puting beliung. Hal tersebut diungkapkan Hariyanto, salah satu warga terdampak. “Ya ini mas kondisinya, atap rumah saya terbang dan hilang, asbes jatuh berserakan, air hujan masuk ke dalam rumah semua, sehingga perabot rumah diungsikan. Untuk hari ini menata dan merapikan kembali, dan kami libur bekerja untuk membenahi tempat tinggal kami,” ungkap Hariyanto, sambil menambahkan bahwa masyarakat menunggu bantuan dari pemerintah setempat.

Terpantau pagi ini di lokasi terdampak, beberapa warga masih sibuk membersihkan sisa-sisa puing bangunan dan tempat tinggal mereka yang rusak akibat angin puting beliung tersebut. Tidak hanya itu warga juga memotong pohon-pohon yang roboh karena diterjang angin.

Iriantoro kembali menjelaskan, kejadian tersebut tidak hanya di kawasan tersebut namun beberapa desa di sekitarnya juga terkena dampak dari angin puting beliung ini, meskipun tidak secara keseluruhan desa.

Beberapa desa tersebut yakni Desa Gunung Jati dan Boro Mantren. Di Gunung Jati ada 15 rumah yang rusak dan di Boro Mantren 66 rumah rusak, tiga di antaranya rusak sedang. “Dalam data yang kami dapatkan, hanya kerusakan rumah dan beberapa luka ringan tidak sampai menelan korban jiwa,” kata Iriantoro.

Tercatat ada sekitar 248 rumah mengalami kerusakan. Rumah itu ada di RW 1, 3 dan 4. Dari jumlah itu, 33 rumah rusak berat, 134 rusak sedang dan 81 rumah rusak ringan. Bahkan ada salah satu warga yang gentingnya hilang tersapu angin tak tersisa.

Pihak BPBD berencana hari ini akan menyalurkan sembako terhadap warga terdampak puting beliung. Selain sembako, bantuan material dan uang tunai juga akan diberikan, baik untuk warga di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari maupun beberapa desa yang terdampak lainnya.

“Hari ini dan besok rencana kami akan intensif untuk bantuan akan didistribusikan. Sekarang fokus pendataan dulu,” ungkap Kalaksa Iriantoro, Kepala BPBD, Selasa (21/2/). []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here