Ratusan Relawan Sampah Bersihkan Kawasan Kumuh di Kota Malang

0
102

Nusantara.news, Kota Malang – Kampung Putih, terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto RW 6 Kelurahan Klojen, Kota Malang. Namun, kondisi faktual wilayah ini rasanya tak seindah namanya. Hal ini tak lain karena kawasan ini tergolong daerah kumuh di Kota Malang.

Merespon kondisi semacam itu, ratusan relawan Kota Malang yang terdiri dari kaum muda melakukan gerakan membersihkan sampah di Kampung Putih, Minggu, (19/3/2017). Aksi tersebut dilakukan lantaran masyarakat di wilayah itu dinilai masih kurang menyadari arti penting menjaga kebersihan lingkungan.

Salah seorang Relawan Malang, Ilham Bramantyo menjelaskan, sebelum melakukan agenda pungut sampah ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran pengurus RW setempat.  

“Kegiatan kami ini murni merupakan kepedulian relawan untuk memotivasi warga agar dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.  Upaya ini diharapkan akan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari penyakit,” ujar Ilham.

Sementara itu, Ketua RW 6, Gendut Santoso mengungkapkan pihaknya dan warga mengucapkan terima kasih kepada para pemuda relawan Malang untuk gerakan peduli lingkungan dengan memungut sampah dan sosialisasi tentang hidup bersih di wilayah mereka.

“Warga di sini kalau membuang sampah masih sering sembarangan dan ada yang langsung ke sungai. Saya sangat berterimakasih dan sangat mendukung gerakan relawan yang mampu memberikan motivasi dan contoh bagi warga kami,” ungkap Gendut.

Ia menginginkan dari kegiatan pungut sampah ini akan menimbulkan rasa peduli lingkungan dan menjadi penyemangat bagi warga di wilayahnya.

“Kami berharap ada dampak positif yang bisa mengetuk hati warga kami atas gerakan para relawan ini. Kami juga siap menampung masukan dan saran dari teman-teman relawan yang sudah membantu menyadarkan warga untuk peduli pada lingkungan,” harapnya.

Sementara itu Ketua RT 07 RW 06, Yuli Asminarsih menyambut positif aksi para relawan atas kepedulian pada kampungnya. “Semoga gerakan ini dapat memotivasi warga sekitar. Orang  di luar lingkungan saja peduli, kenapa kita sebagai warga justru malah tak peduli. Semoga warga di sini bisa termotivasi oleh aksi relawan,” ujar Yuli kepada Nusantara.news.

Gerakan yang diinisiasi kaum muda Kota Malang untuk membangkitkan kepedulian masyarakat agar hidup lebih sehat dan peduli lingkungan ini patut dicontoh. Selain menunjukkan solidaritas sosial, gerakan kaum muda ini juga menawarkan upaya penanganan permasalahan sosial, terutama untuk kawasan kumuh. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here