Rendahkan Maruf Amin, GP Ansor Surabaya Tegaskan 11 Sikap Terhadap Ahok

0
2238

Nusantara.news, Surabaya – GP Ansor Surabaya bereaksi keras terkait sikap Basuki Thahaja Purnama alias Ahok terhadap KH. Ma’ruf Amin dalam persidangan untuk memberikan keterangan ahli dalam persidangan terdakwa Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Ketua PC GP Ansor Surabaya  H. Asrori Muslich, Rabu (1/1/2017) saat dikonfirmasi menyatakan bahwa sikap Ahok sudah mencerminkan tindakan yang tak terpuji dan tak beretika. Oleh karena ini Ansor Surabaya siap siaga menunggu pengurus pusat dalam mengambil tindakan. Berikut 11 pernyataan sikap PC GP Ansor Surabaya:

  1. KH. Ma’ruf Amin adalah Rais ‘Aam PBNU, sekaligus pimpinan tertinggi dalam jam’iyah NU.
  2. Dalam sidang kasus penistaan agama dengan Terdakwa Basuki Tjahja Purnama (Ahok), KH. Ma’ruf Amin dihadirkan ke persidangan adalah untuk memberikan Keterangan Ahli (vide: Pasal 184 ayat (1) jo. Pasal 186 KUHAP).
  3. KH. Ma’ruf Amin dalam hal ini, berdasarkan kompetensinya sebagai ahli hukum islam, maupun kapasitasnya sebagai Rais ‘Aam Syuriah PBNU – pimpinan tertinggi sekaligus yang memberikan arah gerak hukum (Islam) dalam tubuh NU, maupun sebagai Ketua Umum MUI, merupakan seseorang yang ahli dalam hal agama, dan sudah tepat untuk dihadirkan ke persidangan untuk dimintai sebagai Keterangan Ahli dalam hal kasus penistaan agama (Islam).
  4. Keterangan yang diberikan oleh KH. Ma’ruf Amin, berdasarkan pengamatan kami, sudah sesuai dengan kompetensi maupun kapasitasnya sebagai Ahli Agama Islam, baik sebagai Fuqaha, Rais Aam PBNU maupun sebagai Ketua Umum MUI.
  5. PC GP Ansor Surabaya dan Satkorcab Banser Surabaya menyatakan satu pendapat, komit di bawah satu komando Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut C Qoumas dan siap siaga menjalankan instruksi mengawal KH Ma’ruf Amin beserta seluruh Ulama NU.
  6. PC GP Ansor Surabaya dan Satkorcab Banser Surabaya menyerukan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses formal persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaya Purnama agar bersikap profesional dengan mengedepankan etika luhur bangsa dan NKRI.
  7. PC GP Ansor Surabaya dan Satkorcab Banser Surabaya menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakatSurabaya agar tetap taat hukum dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkis kepada pihak manapun untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  8. PC GP Ansor Surabaya dan Satkorcab Banser Surabaya menyayangkan sikap Terdakwa Basuki Tjahja Purnama dan Tim Pengacaranya, Bahwa perilaku maupun kata-kata dari Terdakwa Basuki Tjahja Purnama maupun Tim Pengacaranya, dengan alih-alih menolak Keterangan Kyai Ma’ruf Amin sebagai Ahli justru memelintir situasi dan seolah-olah menempatkan Kyai Ma’ruf sebagai Terdakwa. Bahkan cecaran-cecaran pertanyaan maupun tuduhan serta kata-kata kasar yang ditujukan kepada Kyai Ma’ruf Amin lebih merupakan sikap yang menontonkan Argumentum Ad Hominem – atau menyerang pribadi Kyai Ma’ruf dari pada mematahkan argumen yang terkait keahlian beliau.
  9. Oleh karena itu PC GP Ansor Surabaya dan Satkorcab Banser Surabaya tidak akan tinggal diam dan dengan ini menyatakan siap mendampingi dan membela Kyai Ma’ruf Amin, sebagai pimpinan tertinggi kami, secara lahir dan batin dalam koridor hukum; dan menyerukan kepada seluruh kader Ansor dan Banser Kota Surabaya untuk siaga dalam satu komando sebagaimana instruksi PP GP Ansor.
  10. PC GP Ansor Surabaya meminta kepada Saudara Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) beserta Tim Kuasa Hukumnya SEGERA meminta maaf SECARA TERBUKA kepada KH Ma’ruf Amin dan NU.
  11. PC GP Ansor Surabaya siap melaporkan Saudara Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) beserta tim Hukumnya ke polisi atas sikapnya terhadap KH. Ma’ruf Amin, jika poin no 10 tidak dilakukan.

Demikian pernyataan sikap PC GP Ansor Kota Surabaya dan Satkorcab Banser Kota Surabaya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here