Revisi Perda RTRW Kota Malang untuk Siapa?

0
563

Nusantara.news, Malang – Menganggap RTRW yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan pembangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan merevisi Perda RTRW. Siapa yang akan diuntungkan oleh Perda itu?

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Malang Wasto mengemukakan, pembahasan perubahan perda tersebut adalah pada perubahan peruntukan wilayah. “Kami akan mengubah beberapa titik peruntukan, seperti pemukiman, perdagangan dan kawasan hijau. Sedangkan di kawasan Merjosari masih memungkinkan kawasan permukiman menjadi perdagangan,” tuturnya.

Wasto mencontohkan perubahan peruntukan wilayah di perbatasan dengan Kabupaten Malang. Perubahan ini harus dilakukan karena tidak selaras dengan peruntukan di wilayah lain. “Kami akan melakukan pembahasan revisi Perda RTRW ini bersama DPRD mulai awal tahun ini agar pada tahun ini juga sudah tuntas,” urainya.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa terjadi ketidak-selerasan dan kesesuaian  antara peruntukkan pada dokumen dengan realita. Masyarakat umum menganggap ini karena memang minimnya pengawasan, penindakan secara tegas dari pemerintah, dan beberapa alih fungsi penguasaan lahan yang kurang jelas motifnya.

RTRW Kota Malang 2010-2030

Bappeda Kota Malang sendiri akan menyerahkan dokumen revisi perda RTRW  ke DPRD Kota Malang dan berharap revisinya dibahas, disetujui, dan bisa disahkan 2017 nanti sehingga bisa cepat dilakukan penerapan. Saat ini, masih dilakukan penyusunan terkait RTRW tersebut oleh konsultan.

“Penataan ini memang dimaksudkan agar tiga wilayah (Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang) yang saling berbatasan tidak saling melemahkan, tetapi saling bersinergi. Karena itulah, butuh regulasi yang bagus.

Namun, semoga saja tidak ada kepentingan yang bermain di balik wacana revisi Perda yang biasanya hanya menguntungkan pengembang-pengembang besar dan merugikan masyarakat kebanyakan. Terlebih sejak 2014 setiap tahun marak alih fungsi lahan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here