Rini Soemarno: Ketahanan Pangan Dimulai Dari Pemanfaatan Seluruh Potensi Lokal

0
114

Nusantara.news, Jember – Pelaksanaan ketahanan pangan memang harus dimulai dari pemanfaatan potensi lokal. Kalimat tersebut diungkapkan Menteri BUMN Rini Soemarno saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jember, Senin (27/2/2017).

Dalam kesempatan itu Rini Soemarno mengunjungi City Forest Arum Sabil di Kabupaten Jember. Di sela-sela kegiatannya itu Rini mengungkapkan,  program ketahanan pangan nasional yang didukung BUMN merupakan visi bersama yang harus direalisasikan oleh seluruh elemen, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dalam mengembangkan segala potensi dari daerah masing-masing, sehingga harapan kemandirian pangan di Indonesia segera terealisasi. Kementrian BUMN akan mendukung penuh program pengembangan komoditas pangan yang dilakukan petani kecil di daerah,” ungkap Rini.

Hal senada juga disampaikan Ketua P4S Taruna Jember Arum Sabil. ia  mengajak masyarakat untuk mengembangkan segala jenis komoditas pangan yang bersumber dari potensi lokal, agar segera terlepas dari jeratan impor pangan. Menurutnya, gerakan kemandirian pangan bisa dimulai dengan hal kecil semisal melakukan penanaman cabai yang digagas bersama dengan kementrian BUMN.

Menurut Arum Sabil, pengembangan produksi komoditas lokal harus dilakukan secara bersama-sama. Kunci pokok pengembangan adalah terwujudnya kesadaran seluruh petani untuk menggapai ketahanan pangan nasional. “Negara sudah memfasilitasi, tinggal seluruh masyarakat beraksi,” ungkapnya.

Arum menambahkan jika P4S Taruna Jember yang dipimpinnya siap mendukung penuh visi kemandirian pangan pemerintah. Pihaknya akan membuka lebar pintu kerjasama dengan seluruh petani yang memiliki cita-cita bersama mewujudkan kemandirian pangan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here