Parpol Pendukung AHY Merapat ke Anies-Sandi

Sandiaga: 90 Persen Pemilih AHY-Sylvi akan Pilih Anies-Sandi di Putaran II

0
161

Nusantara.news, Jakarta – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) DKI Jakarta resmi mendukung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilgub DKI putaran II. Dukungan itu merupakan hasil aspirasi dan masukan dari pengurus partai.

“Kenapa PAN baru deklarasi sekarang dibanding awal-awal? Kita nggak mau sekadar deklarasi. Kita ingin deklarasi lalu menang. Kita bergerak dari bawah ke atas untuk satu, yaitu kemenangan Anies-Sandi,” kata Eko Hendro Purnomo, Ketua DPW PAN Jakarta, di hadapan ribuan kader dan simpatisan PAN yang memadati Gelanggang Remaja Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/3/2017).

Pria yang akrab dikenal dengan nama Eko ‘Patrio’ ini mengatakan dukungan yang disampaikan oleh DPW ini sudah diamini oleh para senior PAN. Selain itu, dukungan serupa akan disampaikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN dalam waktu dekat.

“Jadi kami deklarasi ini sudah diamini oleh para senior kami. Dari Pak Amien Rais, dari Pak Zulkifli Hasan, dari Soetrisno Bachir dan semua senior PAN sudah mengamini deklarasi DPW PAN,” ujar Eko.

Sikap PAN yang mendukung Anies-Sandi ini akan segera diikuti oleh Partai Demokrat DKI Jakarta. Hal ini diungkapkan oleh politisi Gerindra yang juga tim pemenangan Anies-Sandi, Mohammad Taufik. Ia mengatakan telah mendapat sinyal positif dari DPD Partai Demokrat DKI Jakarta. Taufik mengatakan DPD Demokrat DKI bakal merapat ke kubunya mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Partai Demokrat tingkat DKI sudah ada kesepakatan untuk mendukung nomor 3. Deklarasi akan diberikan kepada Pak Ketua (DPD) Demokrat (Nachrowi Ramli). Sedang diatur waktunya,” kata Taufik saat ditemui usai menghadiri tabligh akbar bersama Anies di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Ahad, 19 Maret 2017.

Pernyataan Taufik tersebut dibenarkan oleh Anies. Dia mengaku senang banyak partai yang mendukungnya. “Perindo sudah, PAN juga sudah mulai, tentu Insha Allah di level DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) itu sudah. Kemudian Demokrat sudah, semua nanti akan bekerja,” kata Anies.

Diketahui, meskipun secara resmi Partai Demokrat menyatakan nonblok dalam Pilgub DKI putaran kedua, tetapi partai “asuhan” SBY ini membebaskan kadernya dan relawan Agus-Silvi memberikan dukungan ke salah satu paslon. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca IP Panjaitan menjelaskan bahwa pihaknya mempersilakan relawan yang awalnya mendukung pasangan Agus-Silvi untuk mengalihkan dukungan ke paslon Anies-Sandi.

“Jadi untuk relawan kami persilakan saja, jika memang tidak sejalan dengan kebijakan partai yang memutuskan tidak mendukung salah satu pasangan kandidat dalam Pilgub DKI putaran kedua,” jelas Hinca Panjaitan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pernyataan Hinca Panjaitan ini untuk merespon banyaknya kader Partai Demokrat dan relawan Agus-Silvi yang beberapa hari terakhir mendukung Anies-Sandi. Dia mengakui tidak bisa menghambat derasnya aspirasi di arus bawah yang ingin mendeklarasikan dukungannya ke pasangan yang mengusung tagline “Maju Kotanya, Bahagia Warganya” itu.

Sebelumnya, pendukung Agus-Sylvi se-Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Anies-Sandi.

90% Pemilih Agus-Sylvi Dukung Anies-Sandi di Putaran II

Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor 3, Sandiaga Salahudin Uno, mengaku telah mendapatkan dukungan sebanyak 90% di putaran kedua Pilgub DKI yang berasal dari pendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni

“Alhamdulillah semakin hari, semakin banyak relawan Mas Agus dan Mpok Sylvi, yang menyatakan ingin bergabung (mendukung pasangan Anies-Sandi, red.). Rasionya sekitar 90 persen lebih dari 17 persen yang memilih (AHY – Sylvi),” ujar Sandi di Yayasan An Najah, Petukangan Selatan, Sabtu (18/3/2017).

Keputusan Partai Demokrat yang nonblok atau tidak mendukung salah satu pasangan calon di Pilkada DKI putaran kedua diyakini tetap akan menguntungkan Anies-Sandi. Pasalnya pemilih Agus-Silvi diperkirakan akan memberikan suaranya pada pasangan Anies-Sandi.

Direktur Eksekutif Voxpol, Pangi Syarwi mengatakan, pemilih Agus-Sylvi memiliki satu pandangan khusus, yakni menginginkan hadirnya pemimpin baru yang mampu mengayomi semua lapisan masyarakat Ibukota. Kecenderungan untuk mendukung kepemimpinan yang baru ini dinilai menguntungkan pasangan Anies-Sandi. Apalagi kader partai koalisi Cikeas di putaran pertama, yakni PKB, PPP kubu Rommy, dan PAN sudah lebih dulu mengalihkan dukungan ke Anies-Sandi di putaran kedua ini. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here