Sandiaga Janji Teladani Sifat Syeh Maulana Malik Ibrahim

0
36
Sandiaga Uno ziarah makam Syeh Maulana Malik Ibrahim di Gresik

Nusantara.news, Surabaya – Ini sikap santun yang dicontohkan oleh sosok calon pemimpin, tepatnya Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019, mendatang. Sandiaga Salahuddin Uno, saat dalam lawatannya ke Kota Gresik, Jawa Timur, Senin (3/12/2018).

Tiba di kota itu, langkah kaki pertama Sandiaga diarahkan ke makam Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Syeh Abu Bakar Assegaf. Dia menyebut berziarah di pusara kedua tokoh besar di wilayah berjuluk Kota Pudak itu adalah hal penting yang harus dilakukan. Alasannya, kedua tokoh itu adalah Wali Allah yang layak dan harus dihormati, selain sebagai penyebar ajaran Islam juga sebagai tokoh panutan yang layak diteladani. Dirinya pun berjanji jika kelak terpilih sebagai Wakil Presiden (Wapres) akan berperilaku jujur dan santun seperti Syeh Maulana Malik Ibrahim dalam melakukan komunikasi dengan rakyatnya.

“Jika kelak saya dipercaya menjadi Wakil Presiden Indonesia, saya ingin mengambil suri tauladan yang beliau berdua lakukan, berperilaku adil, jujur dan santun serta bijaksana seperti halnya yang dilakukan beliau berdua,” ujar Sandiaga Uno diamini semua jamaah yang turut serta di acara itu.

Sebagai wakil kepala negara, Sandi akan menerapkan perilaku adil dan bijaksana, serta jujur dan bersikap santun untuk rakyatnya. Sebelumnya, Sandiaga pun terlihat sangat khusuk saat membacakan doa untuk kedua tokoh penyebar Islam di Jawa Timur itu.

Sandiaga juga sangat memahami kisah sejarah perjalanan Maulana Malik Ibrahim yang asal Turki dan pernah mengembara sampai ke Gujarat, India tersebut. Selain menyimak kisah-kisah suci dan perjalanan spiritual Maulana Malik Ibrahim yang tiba di tanah Jawa sekitar tahun 1404 Masehi, Sandiaga menyatakan ke dua Wali Allah itu layak mendapat penghormatan. Sebagai utusan Allah, lanjut Sandi kedua tokoh itu terbukti memberikan manfaat besar untuk masyarakat, utamanya sekitar makam.

“Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Syeh Abu Bakar Assegaf adalah dua Wali Allah yang sangat disegani. Itu karena kearifan dan kebijaksanaannya, sehingga, sampai saat ini terus dihormati oleh masyarakat. Terbukti mereka yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap hari makam beliau berdua ini tak pernah sepi selalu padat,” terang Sandiaga usai berziarah.

Sandiaga Uno janji teladani Syeh Maulana Malik Ibrahim

Hari itu Sandiaga memang tengah melakukan road show sambil menyapa para pendukungnya di Kabupaten Gresik, untuk pencalonan dirinya maju sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo. Sebelumnya, dia juga mengikuti sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Jami’ dilanjutkan berziarah dan pembacaan tahlil serta berdoa bersama dipimpin salah seorang cucu Habib Abu Bakar Assegaf.

Dikesempatan itu, Sandiaga juga memberikan apresiasi pengelolaan makam dua kedua Wali Allah itu yang dilakukan dengan rapih. Pihaknya juga memberikan dukungan kepada pengelola yang menjadikan lokasi wisata religi itu tak pernah sepi didatangi peziarah.

Pikiran cerdas lelaki berkacamata itu pun terlontar, dia menyebut dan mendukung pengelolaan tempat-tempat bersejarah yang memiliki nilai historis keagamaan untuk terus dilakukan pengelolaan dengan baik, termasuk areal makam Maulana Malik Ibrahim. Dampaknya, lanjut Sandiaga akan memberikan nilai tambah kepada masyarakat sekitar dengan tumbuhnya ekonomi kerakyatan melalui usaha mikro kecil dan menengah.

“Kita melihat makam dua Wali Allah ini, bisa berdampak pada pengembangan usaha kecil menengah, saya sangat mendukung dan ini harus terus dikembangkan,” tegasnya.

Melalui pemberdayaan potensi wisata religi yang dikemas apik, akan bermunculkan potensi usaha kecil menengah yang membawa dampak ekonomis bagi masyarakat sekitar. “Ini sangat bagus, pengakuan para pedagang di sini menyebut pengunjung wisata religi ini tidak perna sepi selama 24 jam,” tambahnya.

Pihaknya juga sepakat memberikan dukungan untuk kemajuan ekonomi kerakyatan agar terus maju dan berkembang. Dia menyebut dan mengajak semua pihak untuk memebrikan dukungan dan dorongan dengan memberikan fasilitas agar semakin baik, tak hanya untuk yang di Gresik, tetapi juga wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Dan, bukan Sandiaga Uno kalau di setiap kehadirannya yang selalu memikat perhatian masyarakat serta pengunjung. Sosok itu tak luput dari serbuan para Emak-emak, yang terus mengerubungi. Di lokasi bersejarah yang dalam sejumlah literatur disebut kerap dipakai para wali melakukan diskusi soal penyebaran Islam dan tata kelola negara itu menjadi saksi, sosok Sandiaga diidamkan untuk tampil sebagai pemimpin negeri ini.

Kerumunan kaum ibu serta pengunjung kedua lokasi wisata religi itu pun berhamburan. Mereka menghampiri Sandiaga Uno selain ingin bersalaman juga meminta berswafoto.

Usai berziarah ke makam Maulana Malik Ibrahim dan Habib Abu Bakar Assegaf, lelaki itu meneruskan langkah melakukan silaturahim ke Kampung Arab. Kemudian bertemu dengan kader pendukungnya di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP). Esok harinya, Selasa melakukan ziarah ke makam Sunan Giri dan berkunjung ke sentra pengrajin songkok dan kuliner.

“Pak Sandiaga mengakhiri kunjungan hari pertama dengan salat Magrib berjamaah di Masjid KH. Ahmad Dahlan di Jalan Raya Lamongan, Cerme,” kata Nur Saidah, Bendahara DPC Partai Gerindra Gresik.

Hari keduanya, dijadwalkan menyapa pedagang di Pasar Krempyeng Gresik, dilanjutkan melakukan road show ke Kabupaten Lamongan.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here