Sebabkan Macet, Amdal Lalin Transmart Kalirungkut Surabaya Disoal

0
244

Nusantara.news, Surabaya – Baru seminggu diresmikan keberadaan Transmart di Jalan Kalirungkut, Surabaya, disoal oleh Dewan Surabaya. Pasalnya, keberadaan pusat perbelanjaan milik salah satu orang terkaya di Indonesia itu semakin menambah ruwet lalu lintas di kawasan tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi B DPRD Surabaya Erwin Cahyo. Menurutnya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya perlu mengkaji ulang Amdal lalu lintas di sekitar Transmart. Untuk itu, Dishub perlu membuat rekayasa jalan alternatif untuk mengurai kemacetan yang ditimbulkan oleh Transmart.

“Kawasan di Kalirungkut sebelum ada Transmart sudah macet. Banyaknya pabrik dan pertokoan di sana sudah membuat lalu lintas padat. Nah, kondisi ini semakin diperparah dengan adanya Transmart. Seharusnya Dishub melakukan antisipasi melalui manajemen urai kemacetan, sehingga tidak parah seperti ini,” jelas Erwin kepada wartawan, Rabu (1/3/2017).

Erwin juga mengutarakan, Jalan Kalirungkut itu merupakan salah satu jalan yang lalu lintasnya padat di Surabaya. Di kawasan tersebut cukup banyak terdapat pabrik yang rata-rata memiliki karyawan dan buruh yang cukup banyak. Akibatnya, selepas jam kantor terjadi kemacetan yang luar biasa di wilayah itu.

“Di sana ada pabrik rokok Sampoerna dan roti Khong Guan yang menyedot tenaga kerja sangat banyak,” tambahnya.

Tak hanya anggota dewan saja yang mengeluhkan kondisi kemacetan yang luar biasa di Kalirungkut, beberapa warga yang tinggal di sekitar kawasan Kalirungkut juga mengalami hal serupa.

Tak berhenti di situ. Pintu keluar kendaraan, baik mobil maupun motor, kerap menjadi hambatan pengguna jalan lain yang melintas di jalan tersebut. Bahkan, kemacetan yang terjadi bisa memakan waktu yang cukup lama, terutama sore hari selepas jam kantor hingga pukul 9 malam.

Salah seorang warga Pondok Candra yang kerap melintas di kawasan itu, Narto (45),  merasa sedikit terganggu dengan kemacetan akibat keluar-masuknya kendaraan dari dan ke dalam Transmart.

“Ini jalannya sudah sempit, kalau pulang kerja selalu ramai, ditambah ada aktivitas keluar-masuknya mobil dari mall ini, Mas. Jadi ya sedikit terganggu, mungkin karena pintu aksesnya terlalu berhimpitan dengan bahu jalan dan pembatas tengah jalan,” keluhnya.

Menanggapi persoalan ini Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengatakan akan memberikan solusi terbaik. Caranya, menurut Irvan, dengan mengkaji ulang sistem lalu lintas di wilayah tersebut. Irvan mengaku mendapat banyak keluhan dari masyarakat sejak dibukanya Transmart di Kalirungkut.

“Saya terima semua keluhan masyarakat.  Dalam minggu ini kami akan melakukan kajian ulang untuk menemukan solusi kemacetan jalan Kalirungkut,” jelasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here