Sebanyak 300 Personil Banser Jatim Berangkat ke Jakarta

0
167
Anggota Banser NU

Nusantara.news, Surabaya – Di ramainya tengah isu pemberangkatan massa ke Jakarta berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Jakarta Putaran Kedua, dan sikap tegas aparat keamanan untuk menyekat daerah-daerah perbatasan Ibukota, Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur justru memberangkatkan 300 personil Barisan Serba Guna (Banser) ke Jakarta.

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur Rudi Triwahid mengatakan personil GP Ansor Jawa Timur yang berangkat ke Jakarta ada sebanyak 300 personil. Mereka, telah berangkat sejak Selasa pagi secera bergelombang, dan dipimpin oleh komandan satuan masing-masing.

“Sudah berangkat (ke Jakarta-red), jumlahnya 300 orang personil,” kata Rudi Triwahid kepada Nusantara.news, Selasa (18/4/2017).

Rudi menyebut, kegiatan personil Banser Ansor dari Jawa Timur tersebut selama di Jakarta adalah mengikuti Apel Kebangsaan dan Kemah Bhakti Kemanusiaan 2017 di Bumi Perkemahan di Ragunan.

“Jadwalnya, untuk mengikuti Apel Kebangsaan dan Kemah Bhakti di Ragunan, yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor, Yaqut Kholil Qoumas,” terang Rudi.

Rabu 19 April 2017 adalah bertepatan dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua, diikuti oleh dua pasangan bakal calon yakni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswesan-Sandiaga Uno.

Belum diketahui, apakah mereka bisa memasuki Jakarta. Sebab, Polda Jawa Barat  dan Kodam III/Siliwangi mengamankan 39 titik yang merupakan akses menuju Jakarta. Sejumlah personel Polri dan TNI ditempatkan di setiap titik tersebut. Di Jawa Tengah sejumlah Polres juga menggelar razia  menjelang tamasya Al-Maidah. Razia digelar di jalur pantai utara setempat mulai Selasa hingga Rabu, 19 April 2017.

Polda Metro Jaya bersama KPU DKI dan Bawaslu DKI sudah mengeluarkan maklumat bersama. Isinya, larangan mobilisasi massa pada hari pemungutan suara putaran dua Pilkada DKI Jakarta. Warga yang nekat datang bakal dipulangkan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here