Sekolah Budaya Tunggulwulung Gelar Rembuk Perkuat Kebudayaan Nusantara

0
217

Nusantara.news, Kota Malang – Berlatarbelakang fenomena krisis identitas dan jati diri bangsa, Sekolah Budaya Tanggulwulung menyelenggarakan Rembug akar rumput budaya guna menggali dan menumbuhkan lagi semangat kebudayan bangsa yang diselenggarakan di Jl. Sasando No.9 Tunggulwulung, Minggu (5/2/2017).

Acara ini dikunjungi oleh beberapa budayawan setempat seperti Ki Suryo Candi Jago, Mbah Yongki Tari Topeng Malangan, Lembaga Kesenian Indrokilo Malang, Pegiat Rampak Barong dan lainya.

Ki Suryo, tetua Candi Jago menuturkan, rembug seperti ini harus sering dilakukan dan apabila perlu diperluas kembali partisipan seduluran.

“Kita sebenarnya mempunyai jati diri yang luar biasa, ini yang harus kita gali kembali dan kita munculkan sebagai manusia Indonesia berkebudayaan Nusantara,” katanya kepada Nusantara.news.

Kholik Nuryadi selaku pemilik sekaligus pengelola Sekolah Budaya Tanggulwulung menyatakan, rembuk budaya ini menjadi penting dilakukan untuk membuka dan menggali kembali jati diri bangsa, bahwa kita sebenarnya mempunyai identitas luhur.

“Dalam agenda ini, kita ingin membangun kebersamaan (seduluran), berbagi ilmu, membangun kepercayaan diri akan identitas asli kita Nusantara,” imbuhnya

Tidak hanya rembug budaya, Sekolah Budaya Tunggulwulung ini juga melakukan pagelaran seni tari, seni membatik, seni pencak, pengayaan keilmuan budaya, puisi pantun teter (tembang macapat), untuk menghidupkan kembali budaya nusantara. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here