Serapan Tak Maksimal, Dana Desa Terancam Tak Turun

0
75
Ilustrasi Dana Desa (Sumber: Berdesa.com)

Nusantara.news, Kota Batu – Serapan Dana Desa (DD) di beberapa desa di Kota Batu, belum sepenuhnya maksimal. Inilah yang menjadi ancaman turunnya dana desa tahap berikutnya. Kenyataan ini tentu saja bertolak belakang dengan pernyataan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu yang mengklaim serapan dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) mencapai 79% pada (27/10) lalu.

Namun berdasarkan laporan sebuah sumber, diantara 19 desa tercatat 4 desa yang serapannya di bawah 75%. Ke-4 desa itu masing-masing Desa Pandanrejo mencapai 63%, Desa Junrejo mencapai 45%, Desa Mojorejo 13%, dan Torongrejo 30%.

Melihat hal itu, DPRD Kota Batu prihatin masih ada desa di Kota Batu belum memaksimalkan serapan Dana Desa (DD). Pihak legislatif ini langsung  menerjunkan anggotanya untuk mendorong percepatan serapan DD tahun anggaran 2017 yang mencapai Rp18,8 Miliar itu.

Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo menjelaskan, tidak maksimalnya serapan DD  menjadi masalah bagi dewan dan masyarakat desa. Oleh karenanya dalam waktu dekat DPRD akan melakukan klarifikasi dan pendampingan ke masyarakat di beberapa desa di Kota Batu.

”Kami akan terjun dan telusuri, dimana titik desa yang perlu pendampingan dan hal apa saja yang menjadi penyebab tidak tercapai serapan itu, yang akan kami tangani,” kata Cahyo kepada wartawan, Senin (6/11/2017).

Ia menjelaskan bahwa sudah dibuat tim untuk akselerasi serapan anggaran tahun 201. Tim tersebut terdiri dari Komisi A, Komisi B dan Komisi C. ”Baik Komisi B membidangi soal keuangan dan Komisi C soal pembangunan kami terjunkan, berkolaborasi dan koordinasi untuk menyeleseikan masalah serapan dana desa ini,” jelasnya.

”Hal ini harus kami pantau terus agar pembangunan dan serapan di desa berjalan  dengan baik, dan terhindar dari praktik yang tidak bertanggung jawab,”tandas politisi PDIP tersebut.

Perlu diketahui bahwa serapan anggaran DD tercatat rata-rata 31 persenper-september, dan kini per-oktober diklaim Pemkot Batu sudah mencapai 79 persen. Namun, berdasar informasi dan beberapa laporan yang dihimpun masih ada beberapa desa yang masih dibawah 70 persen.

Beberapa desa dengan serapan anggaran DD yang masih minim yang harus menjadi perhatian bagi DPRD Kota Batu dan juga Pemkot Batu untuk memaksimalkan serapan anggaran DD, guna masifnya pembangunan di desa-desa. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here